Beranda Nasional Pengentasan Kemiskinan Terkendala Anggaran

Pengentasan Kemiskinan Terkendala Anggaran

272

LEBONG – Program pengentasan kemiskinan dalam Kabupaten Lebong tampaknya belum sepenuhnya didukung dengan ketersediaan anggaran yang memadai. Bagaimana tidak, saat ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong terkendala dalam melaksanakan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (Verval DTKS) karena terkendala anggaran yang minim.
“Kekurangan anggaran ini menjadi penghambat dan menjadi beban berat bagi petugas dalam melakukan verval DTKS. Saat ini, anggaran tesebut sudah tidak ada karena refocussing,” kata Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kabid Sosial, Yasir Hadibroto, SE.
Pihaknya berharap kepada seluruh stakeholder maupun Pemkab Lebong agar dapat menimbang kembali anggaran pelaksanaan verval DTKS ini. Menurutnya, anggaran ini sangatlah penting dalam pelaksanaan verval DTKS mengingat hasil verval ini nantinya akan disahkan oleh Kemensos RI.
“Kegiatan DTKS ini nantinya menjadi dasar pengambilan kebijakan daerah dalam penanganan kemiskinan oleh OPD dan lembaga penyelenggaraan kesejahteraan sosial, kita harap stakeholder dan juga Bappeda Lebong dalam hal ini berperan, dapat menimbang kembali anggaran pelaksanakan kegiata ini, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan,” harapnya.
Dijelaskannya, saat ini pihaknya telah siap untuk melaksanakan kegiatan verval DTKS. Namun, sejauh ini pihaknya masih menunggu instruksi pimpinan.
“Kunjungan kita ke Bengkulu Utara belum lama ini, banyak pelajaran yang kita dapatkan. Dan sekarang tinggal menunggu intruksi dari pimpinan,” jelasnya.
Kunjungan ke Pemkab Bengkulu Utara ini dilakukan pihaknya berdasarkan surat edaran Gubernur Provinsi Bengkulu, bahwa Kabupaten Bengkulu Utara merupakan satu-satunya kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menjadi wilayah rujukan dalam keberhasilan proses dan teknis verval DTKS. Kunjungan itu langsung dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Lebong, Drs. Fahrurrozi, M.Pd. (wlk)