Beranda Bito Sadei Penyusunan APBDes Masih Proses Siskeudes

Penyusunan APBDes Masih Proses Siskeudes

147

LEBONG UTARA – Dalam pengusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Pemerintah Desa Ladang Palembang Kecamatan Lebong Utara secara manual sudah dilakukan penyusunan. Bahkan saat ini masih dalam proses pengisian ke Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Pjs. Kades Ladang Palembang, Samijo, S.Sos mengatakan bahwa penyusunan APBDes saat ini sedang dalam proses penyusunan di aplikasi Siskuedes, aplikasi ini memang tahun ini baru mulai diterapkan, yang mana pada sebelumnya penyusunan APBDes dilakukan secara manual. Dalam penyusunan APBDes berpedoman dengan 18 program dari pemerintah Pusat yaitu kementerian Desa yaitu Sustainable Development Goals (SDGs) dan Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan pembangunan Desa berkelanjutan. Diprioritaskan sumber daya masyarakat dan pembangunan fisik.

“Yang jelas kita akan mengikuti 18 program dalam SDGs Desa,” katanya.

Lebih jauh, Samijo menunturkan dari hasil musyawarah desa yang sudah dilaksanakan pada berapa waktu lalu, pihaknya juga berpedoman pada permendes nomor 13 tahun 2020 tentang Prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Dimana dalam menyusun rencana kerja dan APBDes 2021, Permendes menegaskan bahwa dana desa tahun anggaran 2021 diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa yang mengukur seluruh aspek pembangunan, sehingga mampu mewujudkan perkembangan manusia seutuhnya.

“Jadi pengelolaan DD tidak boleh keluar dari Program SDGs Desa,” tuturnya.

Selain itu, jika APBdes sudah selesia disusun selanjutnya akan kembali melakukan musdes bersama anggota BPD jika disetujui, APBDes Tahun 2021 akan disahkan oleh BPD, akan tetapi untuk di desa Ladang Palembang sendiri APBDes belum bisa di sahkan oleh BPD, karena mereka belum dilantik dan belum ada SK, walau APBDes kita sudah selesai 100 persen belum bisa dikatakan sah jika belum di ketuk palu oleh anggota BPD.

“Jika anggota BPD sudah dilantik baru APBDesnya akan disahkan oleh BPD,” tutupnya. (bye)