Beranda Nasional Petugas Pelayanan Publik Hingga Wartawan Divaksinasi Covid-19

Petugas Pelayanan Publik Hingga Wartawan Divaksinasi Covid-19

189
Salah satu wartawan Surat Kabar Harian Radar Lebong saat dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

LEBONG – Setelah sebelumnya melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap tenaga kesehatan (nakes) dan pejabat yang menjadi prioritas pertama, belum lama ini Pemkab Lebong kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap petugas pelayanan publik hingga wartawan yang bertugas di Lebong. Penyuntikan vaksin ini dilakukan secara serentak di Puskesmas Tes, Puskesmas Muara Aman dan Mapolres Lebong.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, menjelaskan petugas pelayanan publik ini yang divaksin pada tahap II ini diantaranya adalah 80 orang personil TNI serta 260 orang personil Polres Lebong, termasuk juga kalangan wartawan yang bertugas dalam Kabupaten Lebong.
“Vaksin yang kita terima dari Pemprov ada sebanyak 90 vial vaksin sinovac. 1 vial vaksin ini bisa untuk 10 orang. Artinya dengan 2 kali penyuntikan maka jatah vaksin itu bisa diberikan kepada 450 orang, asalkan vaksinnya tidak rusak. Karena, jika vialnya sudah dibuka maka vaksin tersebut hanya bisa bertahan selama 1 jam saja, lebih dari waktu itu vaksin rusak dan tak bisa digunakan,” kata Rachman.
Diakuinya, jatah vaksin Covid-19 yang diterima Kabupaten Lebong sangat terbatas karena pemerintah pusat memprioritaskan 70 persen vaksin ini untuk pulau Jawa sedangkan 30 persen lainnya untuk luar pulau Jawa.
“Karena keterbatasan ini, sehingga penyuntikan vaksin ini dilakukan terhadap kelompok yang prioritas seperti lansia, PNS, pekerja pelayanan publik hingga wartawan,” lanjutnya.
Penyuntikan vaksin ini akan dilakukan 2 kali dengan waktu 14 hari setelah penyuntikan vaksin pertama dilakukan. Meski sudah disuntik vaksin, Rachman mengingatkan agar tetap mematuhi prokes Covid-19 untuk mencegah pencegahan penyebaran Covid-19.
“Penyuntikan vaksin tahap 2 yang kedua, akan dilaksanakan pada 24 Maret mendatang,” terangnya.
Sementara itu, pada pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Muara Aman tercatat ada sebanyak 41 orang personil Koramil 409-01 Lebong Utara dan Koramil 409-7 Lebong Atas yang menjalani screening kesehatan. Namun, dari hasil tersebut didapati hanya sebanyak 33 orang saja yang bisa dilakukan penyuntikan vaksin sedangkan 8 orang lainnya ditunda karena kondisi kesehatan yang tidak bisa dilakukan vaksin.
“Disamping anggota TNI, kita juga melaksanakan vaksin terhadap beberapa rekan-rekan wartawan yang bertugas di Lebong,” kata Kepala Puskesmas Muara Aman Febria Mandeka, SKM. (wlk/bye)