Beranda Nasional Petugas Posko Covid-19 Perbatasan Reaktif

Petugas Posko Covid-19 Perbatasan Reaktif

338
Petugas Posko Covid-19 di Desa Bioa Sengok saat dilakukan swab antigen.

LEBONG – Petugas posko Covid-19 yang ada di perbatasan berisiko terpapar Covid-19 dalam melaksanakan tugasnya mendeteksi setiap warga yang akan masuk ke Lebong. Bahkan, salah satu petugas posko Covid-19 Lebong dinyatakan reaktif Covid-19 setelah dilakukannya swab antigen pada posko Covid-19 di Desa Bioa Sengok Kecamatan Rimbo Pengadang.
Camat Rimbo Pengadang, Lasmudin, SH, saat dikonfirmasi kemarin membenarkan dari hasil swab antigen terhadap petugas posko Covid-19 di posko Desa Bioa Sengok ini, salah satu petugas dinyatakan reaktif Covid-19.
“Hasil swab antigennya reaktif, tapi baiknya hal ini ditanyakan langsung ke OPD teknis saja,” ungkapnya.
Terpisah, Kepala BPBD Lebong, Fakhrurrozi, S.Sos, M.Si, membenarkan jika salah satu petugas di posko Covid-19 Desa Bioa Sengok dinyatakan reaktif Covid-19. Saat ini, yang bersangkutan telah diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Disebutkannya, petugas yang reaktif Covid-19 ini tak lain ada petugas yang berasal dari BPBD Lebong.
“Ya, ada 1 petugas yang dinyatakan reaktif tapi yang bersangkutan sudah menjalani isolasi mandiri. Petugas ini dari BPBD Lebong,” ungkapnya.
Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, M.Si, saat dikonfirmasi Radar Lebong via ponsel kemarin. Dikatakannya, petugas posko yang dinyatakan reaktif ini adalah petugas yang berasal dari BPBD Lebong. Meski ada salah satu petugas yang reaktif namun hasil swab terhadap petugas lainnya dinyatakan negatif.
“Hanya 1 petugas yang reaktif, yang lainnya negatif. Yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri,” singkatnya.
Sementara itu, Kapolsek Rimbo Pengadang, IPDA. Muhammad Hasan Basri, SH, menerangkan selama satu minggu diberlakukannya pemeriksaan bagi warga yang hendak masuk Lebong pada posko Covid-19 di Desa Bioa Sengok ini, lebih kurang sudah sebanyak 3 ribu swab antigen yang telah dilakukan. Meski demikian, dirinya mengimbau kepada warga khususnya dalam wilayah hukum Polsek Rimbo Pengadang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 sesuai dengan anjuran pemerintah.
“Disamping mematuhi prokes, menjaga pola hidup yang sehat serta mengurangi mobilitas juga dapat mencegah terpapar Covid-19. Kalaupun memiliki keluhan kesehatan, jangan takut untuk memeriksakan diri kepada petugas kesehatan terdekat,” singkatnya. (hds)