Beranda Nasional Pilkada 2020, KPU Rencananya Terapkan Sirekap

Pilkada 2020, KPU Rencananya Terapkan Sirekap

225
KPU Lebong Luncurkan Tahapan Pemilu 2024
Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE

LEBONG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong berencana untuk menerapkan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) pada proses penghitungan perolehan suara pasangan calon (paslon) Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Meski demikian, KPU Lebong masih menunggu keputusan resmi dari KPU Pusat mengenai penerapan sirekap ini.
“Penghitungan berbasis digital ini akan lebih memaksimalkan proses penghitungan suara prosesnya menjadi lebih cepat,” ungkap Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr, SE.
Dirinya mengaku jika KPU Lebong siap untuk menerapkan sirekap pada pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Hanya saja, kepastian ini masih menunggu keputusan resmi dari KPU Pusat lebih dulu.
“Jika pada pemilu sebelumnya petugas KPPS disibukkan dengan salinan form C plano, namun dengan sirekap ini KPPS hanya tinggal melakukan scan barcode pada C plano. Kemungkinan salinan form C Plano tidak lagi akan dilakukan secara manual jika sistem ini benar-benar diterapkan,” lanjutnya.
Disisi lain, Khidhr juga mengajak seluruh penyelenggara Pilkada di Kabupaten Lebong agar dapat meyakinkan masyarakat untuk tidak khawatir datang ke TPS karena pada pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan digelar nanti sudah sesuai dengan Protokol Kesehatan sehingga masyarakat tidak perlu ragu dan takut untuk memberikan hak pilihnya, pada 9 Desember 2020 mendatang.
“Saya juga mengingatkan kepada penyelenggara agar bekerja sesuai dengan aturan agar tidak terjadi konflik sosial, begitu juga sebagai pelaksana harus mampu menciptakan Pemilihan tanpa konflik yang terjadi, sehingga Pemilihan berjalan aman dan kondusif,” pungkasnya. (bye)