Beranda Nasional PMDSos Ajak OPD “Keroyokan” Tangani Keluarga Pemulung

PMDSos Ajak OPD “Keroyokan” Tangani Keluarga Pemulung

196
Anwar bersama 2 orang putra ini berjalan kaki mencari barang bekas untuk tetap bertahan hidup.

LEBONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong memastikan bakal segera berkoordinasi dengan pemerintah desa tempat tinggal Anwar, 25 tahun, yang berprofesi sebagai pencari barang bekas (pemulung, red) yang membawa 2 orang anaknya. Hal ini dimaksudkan agar yang bersangkutan bisa dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga dapat menerima bantuan dari pemerintah.
“Dalam waktu dekat ini kita akan segera koordinasi dengan pemdes setempat, untuk memastikan apakah yang bersangkutan ini sudah diakomodir atau belum pada bantuan-bantuan pemerintah. Jika memang belum, kita akan upayakan agar keluarga ini masuk dalam DTKS,” kata Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si, melalui Kabid Sosial Yasir Hadibroto, SE.
Disamping itu, dirinya juga mengajak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Lebong untuk juga bersama-sama memberikan bantuan yang dibutuhkan bagi keluarga Anwar. Seperti halnya bantuan pendidikan bagi 2 orang putra Anwar yang saat ini sudah putus sekolah, termasuk juga bantuan perumahan layak huni bagi yang bersangkutan.
“Penangangan masalah ini tidak bisa kita lakukan sendiri, karena itu kita juga mengajak OPD terkait lainnya untuk bersama-sama menangani kebutuhan keluarga pak Anwar ini,” ujarnya.
Menurutnya, dengan kondisi yang serba keterbatasan akibat pandemi wabah Covid-19 yang saat ini masih terjadi harus lebih dulu dipecahkan oleh masing-masing OPD terkait, untuk membantu memberikan bantuan sementara kepada pihak keluarga Anwar.
“Kami akan mengupayakan agar keluarga pak Anwar ini bisa dibantu melalui program pemerintah. Tapi saat ini kami tidak bisa berjanji karena kondisi anggaran yang masih terkendala,” singkatnya. (wlk)