Beranda Nasional PN Lebong Terapkan e-Court

PN Lebong Terapkan e-Court

156
Pengadilan Negeri (PN) Lebong saat ini telah sudah menerapkan pelayanan e-Court bagi masyarakat Lebong.

LEBONG – Dalam upaya memudahkan pelayanan bagi pihak-pihak yang berperkara serta mencegah penyebaran Covid-19, Pengadilan Negeri (PN) Lebong saat ini sudah menerapkan layanan elektronik court (e-Court) atau Sistem Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik. Penerapan layanan ini juga dilakukan sesuai dengan Peraturan Makamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik.
Ketua PN Lebong, Imam Budi Putra Noor, SH, MH, melalui Panitera Muda Hukum, Arif Budiman, SH, menjelaskan kelebihan sistem e-Court ini salah satunya adalah memangkas biaya, waktu dan tenaga dalam mengurus administrasi perkara baik itu penyampaian dokumen bukti ataupun pengajuan gugatan sehingga dapat lebih memudahkan masyarakat.
“Tujuan dibuatnya online untuk mempermudah masyarakat dalam mengajukan gugatan. Hanya melalui online nantinya prosesnya akan lebih cepat dan tak perlu ke pengadilan. Selain lebih cepat dan mudah, biaya juga lebih ringan. Dalam penerapan layanan e-Court ini kita sering terkendala masalah jaringan internet, jadi khusus di PN Lebong layanan e-Court ini kita lakukan pada tahapan pendaftaran dan administrasi lainnya, namun untuk sistem persidangan kita tetap melaksanakannya secara manual, karena ketakutan kita akan terjadi kendala internet saat proses persidangan nantinya,” katanya.
Meski demikian, masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap kemajuan teknologi saat ini membuat layanan ini belum maksimal dilakukan. Sejatinya, ditengah kondisi Pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi, masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk memudahkan proses pendaftaran perkara maupun pelayanan lainnya di PN Lebong.
“Sepanjang tahun 2020, tercatat hanya ada 5 berkas perkara perdata yang masuk melalui sistem e-Court ini. Mudah-mudahan saja, kedepan masyarakat Lebong dapat memanfaatkan layanan e-Court ini,” harapnya. (cw1)