Beranda Hukum Polisi Amankan 6 Motor dan 5 Karung Ampas Emas

Polisi Amankan 6 Motor dan 5 Karung Ampas Emas

302
Barang bukti sepeda motor dan tanah ampas emas yang berhasil diamankan polisi di lokasi cagar budaya.

LEBONG – Dugaan pengrusakan lokasi cagar budaya bekas bangunan pabrik emas kolonial Belanda MMRL Lebong Donok di Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara yang disinyalir akibat aktivitas pengambilan ampas (tanah, red) emas semakin menguat. Buktinya, saat mengamankan lokasi cagar budaya ini beberapa waktu lalu, polisi mengamankan 6 unit sepeda motor serta 5 karung ampas emas dari lokasi cagar budaya.
Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, melalui Kapolsek Lebong Utara, AKP. L. Naibaho, SH, didampingi Kanit Reskrim IPTU. Hasiholan Simanungkalit, SE, membenarkan jika belum lama ini pihaknya berhasil mengamankan 6 unit sepeda motor serta 5 karung ampas emas sebagai barang bukti. Dan saat ini, barang bukti tersebut sudah diamankan pihaknya di Polsek Lebong Utara.
“Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai adanya aktivitas pengambilan ampas emas dilokasi cagar budaya ini, kita langsung turun ke lokasi. Dan dilokasi ini kita mendapatkan barang bukti berupa 6 unit motor yang diduga untuk mengangkut hasil ampas emas yang sudah dimasukkan ke dalam karung serta 5 karung yang berisi ampas emas,” ungkapnya.
Dari informasi yang didapat pihaknya, warga yang melakukan pengambilan ampas emas dilokasi ini diperkirakan mencapai 300 orang. Akibat kegiatan ini, tanaman, jalan lingkungan serta fasilitas umum yang ada disekitar lokasi tersebut menjadi rusak.
“Masyarakat disekitar lokasi ini sudah resah dengan aktivitas tersebut. Dan kita masih akan tetap melakukan pengawasan sesuai dengan kesepatan saat pengecekan bersama beberapa waktu lalu,” singkatnya.
Sementara itu, pantauan dilapangan kemarin (11/3) disekitar lokasi cagar budaya ini tampak berdiri pos jaga yang kabarnya didirikan oleh PT. TME. Tidak hanya itu, pada lokasi cagar budaya ini juga ditemukan lubang yang diduga bekas pengambilan tanah ampas emas. (bye)