Beranda Bengkulu Utara Polres Bersama Dishub Tinjau Traffic Light

Polres Bersama Dishub Tinjau Traffic Light

158
Kapolres BU bersama pihak Dishub tinjau pemasangan Sound Voice Traffic light

BENGKULU UTARA – Selasa (9/2) Kapolres BU didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) BU dan Kasat Lantas beserta jajarannya, melakukan peninjauan perehaban Traffic Light yang berada di simpang kantor pos Arga Makmur. Peninjauan ini terkesan spesial, mengingat pihak Dishub menggagas pemasangan sound voice traffic light. Dimana, traffic light ini mengeluarkan suara peringatan untuk para pengendara.
Disampaikan Kapolres BU AKBP Anton Setyo Hartanto, S.Ik dirinya menyambut positif gagasan pihak Dishub ini. Ia pun menilai, hal ini sangat bagus guna sosialisasi dan imbauan untuk masyarakat, mengingat pesan yang akan disampaikan demi keselamatan para pengguna kendaraan. Alat ini, akan mengeluarkan suara pesan secara otomatis saat lampu traffic light menunjukkan warna merah.
“Alhamdulillah, dengan adanya sound voice traffic light ini, diharapkan masyarakat khususnya pengguna kendaraan mengerti dan sadar akan pentingnya tertib dan patuh terhadap aturan- aturan lalu lintas, dalam berkendara, serta patuh terhadap protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Yang paling utama, sosialisasi menggunakan sound voice traffic light diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan,” ujar Kapolres.
Selain itu, tidka hanya di simpang 4 Kantor pos Arga Makmur saja. Dalam waktu dekat alat itu juga akan dipasang di setiap simpang-simpang traffic light, yang ada di Kabupaten . Kemudian, kedepan, Kapolres pun berharap rambu lalu lintas juga mulai dikembangkan ke arah traffic light berbasis IT. Yang mana, traffic light berbasis IT yang akan menggunakan sensor wajah, sensor kecepatan dan sensor plat nomor kendaraan yang terkoneksi ke CCTV di ruang command ceter Polres bu ini dipasang di titik-titik yang rawan serta ramai pengguna kendaraan.
“Semoga saja, kedepan ini bisa terus lebih di tingkatkan. Terutama traffic light yang berbazis it ini. Sesuai dengan arahan Kapolri, bahwa disetiap simpang traffic light akan dipasang CCTV sebagai alat monitoring sehingga dapat terpantau situasi lalu lintas. Tentunya, ini akan banyak manfaat yang akan memberikan kemanan dan ketentraman masyarakat pada umumnya,” jelas Kapolres.
Sementara itu, Kepala Dishub BU Nur Imansyah kepada awak media juga menambahkan, bahwa pemasangan Sound Voice Traffic Light ini, guna meningkatkan ketertiban para pengguna kendaraan yang ada di Kabupaten BU. Selain itu juga, pemasangan Sound Voice Traffic Light ini, merupakan yang pertama kali dilakukan di Provinsi Bengkulu. Dengan ini, diharapkan ini menjadi bagian ikon Bengkulu Utara yang menggunakan rambu lalu lintas dengan suara.
“Pengembangan traffic light berbasis IT yg akan di pasang di traffic light jalur KTL kota Arga Makmur, antara lain sensor wajah, sensor kecepatan dan sensor plat nomor kendaraan dan terconeksi ke CCTV pada ruang command center Polres Bengkulu Utara, akan dicanangkan kedepan. Yang pasti, ini tahap awal inovasi Dishub BU untuk kepentingan masyarakat BU. Smeoga kedepan, kita akan dapat terus berinovasi,” singkat pria yang akrab disapa Buyung ini. (aer)