Beranda Nasional Positif Covid-19 Bertambah 11 Kasus Baru

Positif Covid-19 Bertambah 11 Kasus Baru

220
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Berdasarkan rilis Pemprov Bengkulu terhadap perkembangan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), didapati adanya penambahan 11 kasus baru Covid-19 dalam Kabupaten Lebong. Penambahan kasus baru ini berasal dari 122 sampel swab yang sebelumnya dikirimkan ke laboratorium di Bengkulu, meski demikian saat ini masih ada sampel swab lainnya yang belum selesai diperiksa.
“Sore ini (kemarin, red) kita menerima rilis perkembanga kasus Covid-19 dari Pemprov Bengkulu. Hasilnya, sebanyak 11 warga dinyatakan positif corona. Ini berasal dari sampel swab yang sudah dikirim ke laboratorium di Bengkulu,” kata Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si.
Penambahan 11 kasus baru ini, lanjutnya, merupakan klaster masyarakat umum yang tersebar dibeberapa kecamatan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jumlah kasus positif corona ini akan kembali bertbah, sebab dari 122 sampel swab yang dikirim ke laboratorium belum seluruhnya dilakukan pemeriksaan.
“Baru sebagian saja yang sudah diperiksaan, tidak menutup kemungkinan akan ada lagi penambahan kasus baru,” terangnya.
Diakuinya, belum lama ini pihaknya telah mengirimkan sampel swab lainnya ke laboratorium di Bengkulu. Meski demikian, dirinya mengaku belum tahu jumlah sampel yang dikirim ini karena belum mendapatkan laporan dari bidang terkait.
“Tapi kalau tidak salah jumlahnya mencapai ratusan, untuk detailnya saya belum mendapat laporan. Sampel ini berasal dari tracking yang diambil dari masyarakat umum dalam Kabupaten Lebong,” lanjutnya.
Pihaknya mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 seperti menggunakan masker pada saat melakukan akivitas diluar rumah, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, serta tetap menghindari kerumunan. Kemudian, diharapkan bagi masyarakat ataupun warga yang mengalami gejala Covid-19 agar dapat melapor dengan pihak petugas Puskesmas terdekat. Sehingga bisa cepat dilakukan tindakan penanganan oleh petugas kesehatan.
“Tetap ikuti imbauan pemerintah dengan tetap disiplin prokes. Di samping itu juga, diharapkan masyarakat dapat melapor apabila mengetahui atau mengalami gejala Covid-19 yang dimaksud kepada petugas Puskesmas diwilayah masing-masing,” demikian Rachman. (wlk)