Beranda Nasional Positif Covid-19, Warga Lebong Utara Dimakamkan Sesuai Prokes

Positif Covid-19, Warga Lebong Utara Dimakamkan Sesuai Prokes

248
573 Warga Lebong Pernah Terpapar Covid-19
Pemakaman salah satu warga yang dinyatakan positif Covid-19, dilaksanakan sesuai prokes. (Foto Dokumentasi)

LEBONG – Kasus kematian pasien positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong kembali bertambah. Salah seorang warga Kecamatan Lebong Utara yang dinyatakan positif Covid-19 meninggal dunia setelah satu minggu menjalani perawatan medis di Rumah Sakit AR. Bunda Lubuklinggau. Jenazah pasien kemarin (15/6) dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di TPU Kelurahan Amen.
Kepala Desa Kampung Muara Aman, Rodial Gani, kepada Radar Lebong kemarin mengungkapkan awalnya pasien ini mengeluhkan kondisi kesehatannya sehingga pihak keluarga pun membawanya ke RSUD Lebong, namun setelah menjalani pemeriksaan pasien kemudian dirujuk ke RSUD Bengkulu. Sayangnya, saat itu RSUD rujukan di Kota Bengkulu ini telah penuh sehingga pasien pun kembali dirujuk ke RS. AR. Bunda Lubuklingau.
“Saat dilakukan pemeriksaan oleh tim medis di RS. AR Bunda ini, pasien dinyatakan positif Covid-19. Setelah lebih kurang satu minggu menjalani perawatan medis disana, warga kami meninggal dunia dan pihak rumah sakit memberitahukan kepada keluarganya agar pasien ini dikebumikan sesuai dengan prokes Covid-19 jika ingin dikebumikan di Lebong,” katanya.
Selain itu, lanjutnya, pihak keluarga sendiri telah menandatangani surat pernyataan tentang proses pemakaman jenazah yang dilaksanakan sesuai dengan prokes Covid-19. Dirinya juga mengaku jika ketiga anak pasien yang melakukan kontak telah dilakukan tes swab antigen dan tes PCR sedangkan suami pasien telah dilakukan tes swab antigen.
“Alhamdulillah dari tes swab antigen ini, keempat orang tadi dinyatakan negatif. Tapi kita masih menunggu hasil test PCR yang dikirimkan ke Bengkulu oleh Dinkes Lebong,” terangnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman, SKM, membenarkan jika salah satu warga Lebong yang dinyatakan positif Covid-19, meninggal dunia saat dalam perawatan tim medis RS. AR. Bunda Lubuklinggau. Atas permintaan keluarga, jenazah dikebumikan di Lebong sesuai dengan prokes Covid-19.
“Pasien ini juga diketahui memiliki riwayat penyakit hipertensi. Saat ini beberapa sampel swab PCR yang sudah dilakukan terhadap keluarga pasien sudah kita kirim ke laboratorium untuk diperiksa. Mudah-mudahan saja hasilnya negatif,” pungkasnya. (bye/wlk)