Beranda Bito Sadei Posyandu Disambut Antusias

Posyandu Disambut Antusias

213
Terlihat kesibukan para petugas posyandu ketika memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta posyandu.

LEBONG SAKTI – Kesadaran masyarakat terutama para ibu-ibu dalam mengikuti kegiatan Posyandu untuk memeriksa kesehatan dan tumbuh kembang bayinya terbilang cukup tinggi. Hal itu terbukti dalam kegiatan posyandu rutin yang dilaksanakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskes) Limaupit yang sedang digelar di balai Desa Sukami Bumi Kecamatan Lebong Sakti pada Senin, (14/12).

Kepala Puskesmas Limaupit Martina Sembiring, SKM mengungkapkan jika antusias masyarakat khususnya para kaum ibu-ibu di Kecamatan Lebong Sakti cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan posyandu. Menurutnya, tingginya minat masyarakat tersebut berkat sudah adanya kesadaran untuk memeriksa kesehatan baik pemeriksaan kandungan maupun tumbuh kembang bayinya.

“Kegiatan posyandu rutin kita gelar setiap bulannya dengan bekerjasama dengan pemerintah desa, tentunya kegiatan ini sangat penting untuk diikuti guna untuk memantau kesehatan ibu-ibu yang sedang hamil maupun tumbuh kembang bayi,” ujar Martina Sembirig kepada Radar Lebong.

Lanjutnya, dalam kegiatan posyandu pihaknya melibatkan empat tim yang terdiri dari petugas gizi, Promosi Kesehatan (Prokes), bidan desa dan kader posyandu. Dan untuk jadwal posyandu dalam wilayah kerja Puskesmas Limaupit setiap Desa telah dibuat jadwal masing-masing.

“Kgiatan posyandu ini memberikan banyak keuntungan bagi ibu-ibu maupun bayinya, apalagi pemeriksaan kesehatan dan pengobatan ini diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Kami berharap agar masyarakat bisa lebih meningkatkan kesadarannya untuk tetap mengikuti kegiatan posyandu,” ucapnya.

Selain masyarakat lanjutnya, diharapkan kepada masing-masing pemerintah desa agar tetap memfasilitasi tempat untuk kegiatan posyandu seperti menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan maskeer bagi pesertta posyandu, dan lain sebagainya sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Harapan kami kepada pemerintah desa yang ada di Kecamatan Lebong Sakti agar bisa memfasilitasi masker untuk peserta posyandu. Karena sebagain peserta posyandu yang datang tidak menggunakan masker, oleh karena itu diharapkan supaya pemerintah desa menyediakan masker,” harapnya. (arp)