Beranda Bito Sadei Produksi Padi Lebong Tengah Meningkat

Produksi Padi Lebong Tengah Meningkat

163
Tampak salah satu padi sawah masyarakat Lebong Tengah yang telah dipanen.

LEBONG TENGAH – Terjadi peningkatan produksi gabah padi yang berada di selingkup Kecamatan Lebong Tengah pada tahun 2021. Tercatat, produksi gabah padi pada tahun 2021 mencapai rata-rata enam Ton/Hektar, meningkat 0,2 Ton jika di bandingkan dari tahun 2020 yang hanya mendapatkan rata-rata 5,8 Ton/Hektar. Hal tersebut disampaikan oleh Koodinator Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Perkebunan (BP3), Jaiz.

“Meskipun tidak terlalu signifikan, namun hal tersebut dapat kita tandai bahwa petani kita, khususnya Lebong Tengah mampu lebih produktif dalam masa pandemi seperti sekarang ini,” kata Jaiz.

Dilanjutkan Jaiz, bahwa masa panen yang dilakukan masyarakat Lebong Tengah, dimulai dari awal bulan April hingga akhir Maret lalu, karena cuaca yang tidak dapat diprediksi beberapa bulan terakhir, makanya terjadi keterlambatan petani dalam merampungkan masa panennya.

“Yang terakhir lalu, itu daerah persawahan di daerah Danau Liang, dan sampai saat ini kita belum menemukan adanya laporan petani akan adanya gagal panen,” ujarnya.

Ditambahkan Jaiz, bahwa banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan produksi padi, khsusunya intensitas penerimaan cahaya matahari bagi tanaman padi, suhu udara, ketersediaan sumber perairan dan yang terpenting adalah pupuk atau unsur hara bagi tanaman.

“Semoga kedepannya dapat lebih ditingkatkan kembali oleh masyarakat, yang pastinya selain untuk kepentingan petani itu sendiri, peningkatan jumlah produksi tersebut juga mendukung ketahanan pangan daerah,” pungkasnya .(pry)