Beranda Nasional Pupuk Phonska dan SP 36 Subsidi Masih Kosong

Pupuk Phonska dan SP 36 Subsidi Masih Kosong

296
Harga Saprodi Bikin Geleng Geleng
Harga Saprodi Bikin Geleng Geleng

LEBONG TENGAH – Sejatinya, menjelang Musim Tanam Pertama (MT1) tahun ini, ketersedian pupuk tercukupi. Namun, kenyataanya untuk jenis pupuk phoska dan SP 36 subsidi masih saja kosong sampai dengan saat ini. Hal ini diakui salahsatu Pengecer Pupuk di Lebong Tengah Diva Tani, Hero Vanroik saat ditemui Radar Lebong.

“Untuk stok pupuk subsidi yang tersedia saat ini hanya Urea yang ada, bahkan sudah disalurkan ke tiap kelompok taninya, dari 25 kelompok tani yang kita pegang. Tapi untuk pupuk phoska dan sp 36 yang subsidi sampai dengan saat ini masih kosong untuk ketersedianya. Bahkan dalam kekosongan untuk pupuk ini kita sudah jelaskan ke para petani atas permasalahannya,”kata Hero.

Untuk harga, lanjut Hero untuk harga pupuk subsidi dengan harga pupuk non subsidi sangat berbeda jauh. Karena pupuk non subsidi dua kali lipat mahal daripada pupuk subsidi tersebut. Dimana, untuk harga pupuk phonska subdisi dengan berat perkarungnya 50 kg seharga Rp 115 ribu perkarunganya, sedangkan pupuk phoska non subsidi dengan berat perkarungnya 25 kg, dengan harganya Rp 220 ribu.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 21 November 2020…