Beranda Pendidikan Rapot SD SMP Dibagikan

Rapot SD SMP Dibagikan

11

//Libur Sekolah 2 Minggu

LEBONG, radarlebong.com – Usai pengumuman kelulusan SD dan SMP, giliran rapot tingkat SD dan SMP di lingkungan Dikbud Lebong yang hari ini (18/6) dibagikan ke siswa. Usai itu, siswa akan libur sekolah selama 2 minggu mulai dari tanggal 20 Juni sampai 2 Juli mendatang.

Dan akan kembali masuk sekolah lagi pada 4 Juli mendatang. Sementara, KBM Normal mulai 11 Juli 2022 mendatang. Hal itu disampaikan Kabid Pembinaan dan Pendidikan Dikbud Lebong, Habibi, S.Pd.

” Ya, hari ini masing-masing sekolah membagikan rapot kenaikan kelas,” kata Habibi.

Sementara lanjut Habibi, untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 tingkat SD dan SMP akan dimulai 23 Juni hingga 2 Juli mendatang. Dimana, berdasarkan Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lebong, untuk tingkat SMP ruang belajar (rumbel) yang disiapkan bisa menampung sebanyak 1.664 peserta didik baru dengan 52 rumbel, 1 rumbel maksimal memiliki 32 orang. Sementara, untuk tingkat SD memiliki kapasitas 1.600 peserta didik baru dengan 64 rumbel dengan kapasitas maksimal 25 orang untuk 1 rumbel.

“Sesuai dengan Permendikbud nomor 1 tahun 2021 tentang PPDB, dalam penerimaan ini masih akan diberlakukan sistem zonasi sesuai dengan alamat masing-masing peserta didik. Hal itu berlaku untuk seluruh sekolah negeri, sementara untuk sekolah swasta tidak,” jelasnya.

Baca Juga : Sekolah Serahkan Amplop Pengumuman Kelulusan ke Wali Murid

Ia memastikan belum ada sekolah di Kabupaten Lebong menggunakan sistem online dalam proses PPDB pada tahun ajaran 2022/2023. Selain karena tak tersedianya anggaran, belum seluruh sekolah di Kabupaten Lebong terjangkau sinyal internet menjadi salah satu pertimbangan teknis pendaftaran PPDB masih dilakukan secara manual.

Setelah pendaftaran, masing-masing sekolah akan mengumumkan siapa saja peserta didik baru yang diterima pada 4 Juli mendatang. Selanjutnya, mereka yang diterima melakukan tahap daftar ulang mulai 5 hingga 7 Juli 2022. Kemudian pada 11 Juli mereka mulai masuk sekolah.

” Kami sudah menyurati seluruh sekolah terkait petunjuk teknis (juknis) dalam proses PPDB. Setelah proses pendaftaran masing-masing sekolah kita minta pihak sekolah untuk melaporkan jumlah peserta didik barunya masing-masing,” tukasnya.(bye)