Beranda Nasional Regulasi Pilkades Masih Digodok

Regulasi Pilkades Masih Digodok

240
Kepala BPBD Lebong, Fahkrurrozi, S.Sos, M.Si.

LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Pemberdayaan, Masyarakat, Desa dan Sosial Kabupaten Lebong , secara bertahap tengah mempersiapkan berbagai hal menjelang hajayatn Pilkades Tahun 2021 ini. Salahsatunya, dimulai dengan regulasi Pilkades yang masih digodok oleh pihaknya untuk kemudian disampaikan melalui telaah Bagian Hukum Setdakab Lebong.
Sementara terkait anggaran Pilkades sudah diplot sebesar Rp 700 juta untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades yang akan digelar secara serentak di 17 desa. Dengan rincian, 15 desa menggelar Pilkades secara langsung, sedangkan 2 desa menggelar Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) yang akan dilaksanakan dengan melibatkan BPD secara dominan.
Kepala Dinas PMDSos Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si menjelaskan untuk teknis pelaksanaan Pilkades serentak akan terlebih dahulu disusun. Dimana, termasuk didalamnya penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades. Bahkan, regulasi yang saat ini tengah disusun berupa Peraturan Bupati (Perbup) yang akan menjadi dasar pelaksanaan Pilkades.
” Sejak Januari lalu persiapan Pilkades sudah dilakukan, dan kita targetkan pertengahan tahun ini sudah mulai dilaksanakan,” kata Reko saat ditemui Radar Lebong Kamis, (5/3).
Sementara itu lanjutnya, apabila terdapat Pjs Kades yang berniat untuk maju dalam kontestasi Pilkades, maka mereka harus mengundurkan diri dari jabatan Pjsnya. Karena sudah sesuai dengan aturan setiap Pjs Kades wajib mundur dari jabatannya jika berniat ingin maju sebagai peserta dalam kontestas Pilkades. Hal itu dimaksud untuk menjaga netralitas dan mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang.
“Selain itu bagi Pjs Kades yang ingin maju dalam Pilkades juga harus mendapat persetujuan dari bupati karena statusnya sebagai PNS. Jadi Pjs yang ingin maju Pilkades wajib mundur dari jabatannya,” singkatnya.
Diketahui 17 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak itu diantaranya, desa Talang Ratau, Talang Baru, Turan Tiging, Kota Donok, Talang Leak II, Semelako II, Tanjung Bunga I, Sukau Kayo, Ladang Palembang, Kampung Dalam, Nangai Amen, Sukau Margo, Embong, Ketenong I, Tambang Sawah, Air Kopras, dan Talang Baru I. (wlk)