Beranda Nasional Ribuan THLT Akan Dievaluasi Ulang

Ribuan THLT Akan Dievaluasi Ulang

591
Sekda Lebong

LEBONG – Kendatipun tutup tahun anggaran tahun 2020, hanya menyisakan hitungan hari lagi. Namun, nasib ribuan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) di seluruh OPD jajaran Pemkab Lebong belum diketahui kejelasannya, apakah semuanya masih akan dilanjutkan untuk tahun 2021 mendatang atau tidak. Pasalnya, sampai saat ini belum ada usulan untuk perpanjangan penerbitan Surat Keputusan (SK) seluruh THLT di Kabupaten Lebong.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H. Mustarani Abidin, SH, M.Si menjelaskan bahwa belum dilakukan perpanjangan SK THLT untuk tahun 2021 mendatang karena harus dilakukan evaluasi terlebih dahulu. Sebab, setiap kontrak tahunan itu harus ada evaluasi terutama mengenai masalah kinerja dan kehadiran. Oleh karena itu sebelum menerbitkan perpanjangan SK maka akan dilakukan evaluasi ulang.

“Sebelum perpanjangan SK THLT 2021 mendatang, tentu harus dilakukan evaluasi lebih dulu. karena untuk membayar gaji mereka akan dilihat dari kinerja dan kehadiran mereka selama bekerja di OPD masing-masing,” kata Sekda Lebong saat dibincangi Radar Lebong Kamis, (26/11) kemarin.

Menurutnya, evaluasi tersebut sangat perlu dilakukan karena untuk membayar gaji mereka nantinya berdasarkan kinerja dan kehadiran, dan yang bisa mengevaluasi ini adalah tahunan karena memang kontrakanya tahunan. Apalagi ditahun depan Pemkab akan memberlakukan SIPD, artinya jumlah THLT yang akan direkrut harus sesuai dengan kebutuhan di OPD masing-masing. Kemungkinan pada bulan Desember mendatang kita akan membuat surat secara tertulis yang akan disampaikan ke seluruh OPD dijajaran Pemkab Lebong, untuk mengingatkan supaya mereka melakukan evaluasi.

“Untuk kebutuhan THLT ditahun 2021 mendatang jumlahnya tidak jauh berbeda namun akan dilihat dengan adanya Bupati baru, kemungkinan akan ada kebijakan mengenai hal ini, dan tentunya juga akan dilihat dari usulan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Jika ada perekrutan untuk P3K maka otomatis akan ada pengurangan jumlah THLT,” tuturnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD) Lebong Sumiati, SP, MM melalui Kabid Mutasi dan Pengembangan Pegawai Apedo Irman Bangsawan, SH dikonfirmasi kemarin mengatakan, untuk jumlah keseluruhan THLT di Kabupaten Lebong sebanyak 2.321 orang yang tersebar diseluruh OPD. Sementara itu, ia mengaku jika dalam waktu dekat ini akan menaikan surat dengan Sekda Lebong terkait rencana untuk melakukan evaluasi ulang THLT di OPD masing-masing.

“Kalau masalah SK THLT belum bisa diperpanjang karena harus ada evaluasi kepala OPD masing-masing yang sesuai dengan kebutuhan. Kemungkinan dalam waktu dekat ini kita menaikan surat ke Sekda yang nantinya akan disampaikan ke masing-masing OPD untuk meminta melakukan evaluasi THLT ulang,” tutupnya. (wlk)