Beranda Nasional Rp 1 Miliar Untuk Insentif Nakes

Rp 1 Miliar Untuk Insentif Nakes

199
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Pemerintah pusat kembali mengalokasikan pagu sebesar Rp 1 miliar dalam Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diperuntukkan untuk pembayaran insentif bagi tenaga kesehatan (nakes) yang ada 13 Puskesmas dalam Kabupaten Lebong yang bertugas memerangi Covid-19.
“Kalau untuk besaran pagu yang diberikan pusat tahun 2021 ini kurang lebih sebesar Rp 1 miliar, dana itu nantinya akan diberikan kepada petugas medis yang berada di 13 puskesmas yang membantu mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19,” kata Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM.
Selain itu, lanjutnya, besaran insentif yang akan diterima masing-masing nakes ini jumlahnya bervariasi tergantung dari jumlah kasus Covid-19 yang ditangani dan dihitung melalui aplikasi. Sebab, pembayaran insentif itu sendiri akan dihitung secara khusus dihitung mulai dari jumlah scereening maupun jumlah swab.
“Jadi untuk tahun ini bantuan insentif petugas medis masih akan tetap disalurkan pemerintah pusat,” ujarnya.
Ditambahkannya, tidak semua nakes yang bakal mendapatkan insetif tersebut karena bantuan ini hanya akan diberikan kepada nakes yang melayani pasien Covid-19 baik dokter yang merawat maupun yang mengobati. Selain itu, penanganan kasus Covid-19 ini juga tidak mesti pada pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saja, namun juga diberlakukan terhadap penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pengawasan (ODP) hingga petugas surveyor dilapangan.
“Jadi ada penghitungan khusus yang dilakukan untuk merealisasikan isentif ini karena tak semua petugas medis bisa mendapatkan insentif tersebut,” tambahnya.
Disisi lain, dirinya menyampaikan jika pada tahun 2020 lalu hanya ada sebanyak 54 nakes yang menerima insentif dan di transfer ke rekening masing-masing penerima. Disamping itu, realisasi ini juga telah diperiksa Inspektorat dan Badan Pengawasan Keuangan (BPK) sejak pengusulannya.
“Dana ini hanya bisa direalisasikan jika ada kasus Covid-19 saja. Selain insentif nakes, BOK juga bisa digunakan untuk membayarkan tunjangan petugas medis apabila ada yang meninggal dunia akibat penanganan Covid-19, tapi kita tidak berharap itu terjadi di Lebong,” singkatnya. (wlk)