Beranda Nasional Salah SuSu, Bawaslu Pastikan Tidak PSU

Salah SuSu, Bawaslu Pastikan Tidak PSU

471

LEBONG – Kejadian salah memberikan SuSu (Surat Suara, red) yang terjadi di TPS 2 Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis pada Pilkada 9 Desember lalu dipastikan tidak akan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada TPS tersebut. Pasalnya, dari hasil kajian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lebong, hal ini hanya disebabkan kesalahan administrasi saja.
“Dari kajian yang kita lakukan bersama berbagai pihak, tidak ditemukan adanya unsur-unsur kesalahan yang bisa menyebabkan PSU. Hal ini terjadi karena kesalahan administrasi,” ujar Divisi Pengawasan, Humas dan Hubla Bawaslu Lebong, Melky Agustian SH kemarin (11/12).
Disebutkannya, beberapa unsur yang bisa menyebabkan terjadinya PSU ini diantaranya adanya yang melakukan pencoblosan lebih dari 1 kali, adanya pengerusakan surat suara oleh Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) yang telah di coblos ataupun adanya kesengajaan dari pihak yang menandai surat suara untuk memilih salah satu kandidat.
“Sedangkan yang terjadi di TPS 2 Air Koprasi ini hanya kelebihan surat suara yang diberikan oleh KPPS kepada pemilih,” terangnya.
Ditambahkannya, dari penelitian yang dilakukan pihaknya diketahui bahwa kelebihan surat suara yang diberikan KPPS kepada pemilih ini tidak digunakan oleh pemilih melainkan hanya ditinggal dalam bilik suara. Namun, KPPS tidak melihat siapa yang meninggal surat suara tersebut di dalam bilik suara.
“Jadi kita menilai kesalahan ini hanya administrasi saja, dan KPPS setempat berkemungkinan akan diberikan sanksi kode etik. Surat rekomendasinya tengah kita siapkan, secepatnya akan kita sampaikan ke KPU,” singkatnya. (bye)