Beranda Nasional Sambut Bupati Baru, Lebong Berpeluang Tanpa APBD 2021

Sambut Bupati Baru, Lebong Berpeluang Tanpa APBD 2021

341
Paripurna Pengesahan APBD 2022
Mustarani Abidin

//Pembahasan RAPBD Cuma 3 Hari

LEBONG – Pembuktian janji-janji kampanye pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lebong terpilih hasil Pilkada 2020 agaknya bakal terhambat. Bagaimana tidak, hingga saat ini Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2021 masih tak kunjung jelas nasibnya, bahkan pada tahun 2021 mendatang Lebong berpeluang tanpa APBD.
Sekretaris Daerah (Sekda) Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si, kepada Radar Lebong diruang kerjanya kemarin (14/12) mengaku jika melihat waktu yang tersisa saat ini, peluang RAPBD 2021 sangat kecil dan tidak efektif lagi untuk dibahas. Menurutnya, jika mengacu pada Undang-undang nomor 23 tahun 2014 pada pasal 312 ayat 1 disebutkan bahwa Kepala daerah dan DPRD wajib menyetujui bersama rancangan Perda tentang APBD paling lambat 1 (satu) bulan sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun.
“Jika mengacu pada aturan tadi, maka selambat-lambat pengesahan RAPBD ini dilakukan pada 30 November. Namun, hingga saat ini KUA-PPAS masih belum disepakati. Jadi dari sisi waktu, saya rasa tidak memungkinlah lagi RAPBD ini dibahas,” ujarnya.
Mustarani juga mengaku terkait dengan RAPBD 2021 ini, Pemkab Lebong telah menyurati Gubernur Bengkulu meminta difasilitasinya pembahasan tersebut oleh Gubernur. Sayangnya, surat tersebut belum direspon Pemprov Bengkulu.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 15 Desember 2020