Beranda Nasional Sarpras Penanggulangan Bencana Bakal Ditingkatkan

Sarpras Penanggulangan Bencana Bakal Ditingkatkan

165
: Pjs Bupati bersama FKPD Lebong mengecek kesiapan prasarana penanggulangan bencana di Kabupaten Lebong.

LEBONG – Kendatipun menilai jika saat ini sarana dan prasarana (sarpras) penanggulangan bencana di Kabupaten Lebong sudah cukup memadai, namun Pemkab Lebong berjanji bakal meningkatkan kembali sarpras penanggulangan bencana yang dimiliki BPBD Lebong. Hal ini disampaikan Pjs Bupati Lebong, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si, usai apel siaga bencana di Mapolres Lebong kemarin (25/11).
“Apel siaga bencana ini digelar untuk memastikan kesiapan sarpras serta SDM dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kabupaten Lebong. Sarpras penanggulangan bencana yang ada saat ini sudah cukup baik, tetapi hal ini masih perlu ditingkatkan khususnya ketersediaan logistik untuk masyarakat yang terkena dampak bencana alam,” kata Pjs. Bupati.
Selain itu, lanjutnya, kesiapsiagaan seluruh stake holder dalam penanggulangan bencana di daerah ini dilakukan terhadap berbagai potensi rawan bencana yang berkemungkinan terjadi termasuk juga melakukan pemberdayaan masyarakat pada pra bencana untuk mengurangi resiko bencana.
“Kesiapsiagaan ini penting dilakukan untuk mengurangi adanya korban pada bencana alam yang terjadi, sehingga hal ini dapat diminimalisir dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan serta kesadaran masyarakat,” terangnya.
Ditambahkan Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, saat ini pihaknya masih menggelar Operasi Aman Nusa II hingga akhir tahun mendatang dalam rangka penanganan bencana non alam Covid-19. Operasi ini digelar seluruh jajaran Kepolisian guna mendukung pemerintah dalam memerangi Covid-19.
“Hingga saat ini sudah kita sudah 8 bulan melaksanakan operasi Aman Nusa II, disamping sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk memutus mata rantai dan pencegahan penyebaran Covid-19 serta penanggulangan bencana alam,” ungkap Kapolres.
Apel siaga bencana yang digelar dihalaman Mapolres Lebong ini kemarin juga dihadiri Kajari Lebong, Fadil Regan, SH, MH, BPBD, Dinas PUPR-Hub, Dinas Satpol PP, Dinas PMDSos, Dinas Kesehatan, Kecamatan serta relawan bencana Kabupaten Lebong. Usai pelaksanaan apel ini kemarin rombongan FKPD Lebong juga melakukan pengecekan terhadap sarana penanggulangan bencana yang dimiliki seluruh instansi. (wlk)