Beranda Nasional Satgas PPA Diminta Tekan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Satgas PPA Diminta Tekan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

245

LEBONG – Satuan Tugas (Satgas) Perempuan dan Anak yang telah terbentuk di desa dan kelurahan diminta berperan dalam menekan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kebupten Lebong Drs. Firdaus, M.Pd. mengharapkan seluruh Desa dan Kelurahan dalam Kabupaten Lebong dapat memberdayakan Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) yang sudah terbentuk. Apalagi saat ini, kata dia, setiap desa sudah memiliki anggaran yang sangat besar selain untuk kegiatan fisik infrastruktur, juga bisa digunakan untuk pemberdayaan sejenis sosialisasi ataupun peningkatan Satgas PPA.

“Kekerasan yang dihadapi perempuan dan anak bukan hanya berupa kekerasan fisik, melainkan juga kekerasan psikis, kekerasan seksual, dan penelantaran. Pelaku kekerasan juga bukan hanya orang luar ataupun orang tidak dikenal, namun juga berasal dari lingkungan terdekat kita. Maka disinilah pentingnya peran aktif Satgas PPA di tingkat Desa dan Kelurahan,” kata Firdauz.

Firdaus juga menyampaikan, pada sebelumnya seluruh Desa dan Kelurahan di Kabupaten Lebong, sudah mengikuti sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Satgas anti kekerasan perempuan dan anak. Untuk itu, pihaknya berharap agar Satgas PPA yang sudah terbentuk baik ditingkat Desa maupun Kelurahan dapat diberdayakan. Karena dengan adanya kesadaran masyarakat akan memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak, otomatis kekerasan terhadap mereka juga akan dapat diminimalisir. Terlebih, sampai saat ini masih banyak faktor yang menyebabkan perempuan dan anak masih mengalami permasalahan tersebut.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 13 November 2020………….