Beranda Nasional Sekda Pimpin Rapat Refocussing Anggaran

Sekda Pimpin Rapat Refocussing Anggaran

133
Sekda pimpin rapat evaluasi dan recofusing anggaran

BENGKULU UTARA – Jum’at (12/3) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkulu Utara Dr. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si melakukan rapat bahas realokasi dan refocusing anggaran penanganan COVID-19 Tahun 2021, diruang Rapat Setdakab BU. Hadir dalam giat ini, anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, DPRD provinsi, Asisten I, II, III Setdakab BU, Kepala BPKAD BU, dan Kepala Bappeda BU.
Diketahui, rapat ini dilakukan terkait dengan terbitnya Surat Edaran dari Menteri Keuangan Nomor SE-2/PK/2021, Tentang Penyesuaian Penggunaan Anggaran Transfer Ke Daerah dan Dana Desa, Tahun Anggaran 2021 untuk penanganan pandemi COVID-19. Dimana, dalam SE tersebut, disampaikan sehubungan dengan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) termasuk dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, perlu dilakukan penyesuaian penggunaan (refocusing) anggaran transfer ke daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk Tahun Anggaran (TA) 2021. Dalam hal ini, pemerintah daerah tidak menerima DAU TA 2021 atau DAU TA 2021 tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan penanganan COVID-19 sebagaimana pada butir 3, pemerintah daerah dapat menggunakan Dana Bagi Hasil (DBH). Dalam hal dukungan pendanaan yang bersumber dari DAU atau DBH, tidak mencukupi, pemerintah daerah mendanai dari sumber lainnya dalam Penerimaan Umum APBD.
“Saya harap, seluruh landing sektor terkait, agar menindaklanjuti sesuai dengan SE tersebut, agar dapat melakukan penyesuaian penggunaan (refocusing) TKDD atau perubahan mekanisme pelaksanaan kegiatan, sebagaimana pada surat edaran tersebut di sampaikan,” singkat Sekda.(aer)