Beranda Bito Sadei Selama Pandemi, KUA Pelabai Catat 53 Peristiwa Nikah

Selama Pandemi, KUA Pelabai Catat 53 Peristiwa Nikah

211
Kepala KUA Pelabai, H.Olik Nurholik S.Ag

PELABAI – Selama pandemi Covid-19, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pelabai telah mencatat sebanyak 53 peristiwa nikah, jumlah tersebut terhitung sejak bulan Januari hingga Desember 2020. Hal ini disampaikan Kepala KUA Pelabai Olik Nurholik, S.Ag dikonfirmasi kemarin, (15/12).

“Sampai hari ini (kemarin,red) jumlah peristiwa nikah yang sudah dilayani baik di balai nikah KUA maupun diluar balai nikah ada sebanyak 53 pasang,” kata Olik sapaan akrabnya kkepada Radar Lebong.

Lanjutnya, meskipun ditengah pandemi Covid-19, jumlah peristiwa nikah ditahun 2020 ini mengalami sedikit peningkatan jika dibandingkan dengan peristiwa nikah di tahun 2019 lalu. Selain itu, 53 peristiwa nikah ini semuanya memennuhi sayarat dan sesuai Undang-Undang nnomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan batas usia nikah diatas 19 tahun.

“Kalau tahun lalu, jumlah peristiwa nikah di KUA Pelabai sebanyak 50 pasang. Artinya, tahun ini mengalami sedikit peningkatan meskipun tidak signifikan, dan semua peritiwa nikah yang sudah dilayani memenuhi persyaratan,” katanya.

Disebutkannya, adapun 53 perisstiwa nikah itu diantaranya, bulan Januari 3 pasang, Februari 2 pasang, Maret 3 Pasang, April 4 pasang, Mei 1 pasang, Juni 3 Pasang, Juli 1 pasang, Agustus 13 pasang, September 10 pasang, Oktober 5 pasang, November 2 pasang, dan Desember 3 pasang.

“Kemungkinan jumlah peristiwa nikah ini akan kembali bertambah, karena masih menyisahkan 15 hari kedepan bulan Desember akhir tahun 2020. Untuk pendaftaran nikah masih tetap kita terima dengan catatan harus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19,” demikian Olik. (ae3)