Beranda Nasional Seleksi Tambahan Balon Kades Tunggu Petunjuk Bupati

Seleksi Tambahan Balon Kades Tunggu Petunjuk Bupati

105
Ilustrasi Pilkades

LEBONG,RaLeb.id – Seleksi tambahan kepada bakal calon (balon) Kepala Desa (kades) masih menunggu petunjuk Bupati Lebong, Kopli Ansori. Seleksi tambahan ini akan dilaksanakan terhadap desa yang jumlah balon kadesnya lebih dari 5 orang.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong, Hartoni, SP, M.Si, melalui Kabid PMD, Herru Dana Putra, ST, M.Ak, mengatakan untuk rencana seleksi tambahan terhadap desa-desa yang memiliki jumlah calon lebih dari 5 orang tersebut, pihaknya akan lebih dulu menyampaikan kepada panitia Pilkades tingkat kabupaten.

“Kami akan meminta petunjuk dari panitia Kabupaten dalam hal ini pak Bupati mengenai seleksi tambahan ini. Apakah nanti akan dilakukan dengan seleksi wawancara atau seleksi tertulis, kita lihat bagaimana petunjuk dari panitia kabupaten,” terangnya.

Dijelaskannya, jika nanti dilakukan seleksi tambahan ini dilaksanakan secara tertulis tentunya hal ini akan melibatkan pihak Perguruan Tinggi. Namun, hal ini tetap dilaksanakan sesuai dengan petunjuk dari panitia tingkat kabupaten.

“Yang jelas, kita akan koordinasikan dulu hal ini kepada panitia tingkat kabupaten,” katanya.

Dari laporan panitia Pilkades tingkat desa, tambahnya, Daftar Pemilih Sementara (DPS) masing-masing desa saat ini sudah di umumkan oleh panitia. Setelah ini, baru kemudian dilanjutkan ke tahapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) selanjutnya baru masuk ke Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Sejauh ini tahapan-tahapan ditingkat panitia desa masih terus berjalan, dan informasi terakhir panitia sudah mengumumkan DPS. Untuk DPT itu harus diserahkan panitia desa pada 1 Desember ke kita untuk dasar penyiapan logistik pilkades,” demikian Herru. (wlk)