Beranda Nasional Senin, Pelanggar Prokes Covid-19 Didenda

Senin, Pelanggar Prokes Covid-19 Didenda

306
Tim Yustisi Lebong menggelar rapat koordinasi terkait diberlakukannya denda uang bagi pelanggar prokes.

LEBONG – Peringatan bagi seluruh warga di Kabupaten Lebong agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan 4 M yakni Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan. Pasalnya, dipastikan Senin (23/11) mendatang Tim Yustisi Kabupaten Lebong bakal menerapkan sanksi denda bagi pelanggar prokes Covid-19.
“Sesuai hasil rakor tadi (kemarin,red), disepakati hari Senin minggu depan, kita akan menerapkan pemberian sanksi denda uang bagi pelanggar prokes Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Satpol PP Lebong Zainal Husni, SH, MM, melalui Kabid Ketertiban Umum Andrian Aristiawan, SH kepada Radar Lebong.
Andrian menegaskan sanksi tersebut diterapkan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 45 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan, jadi bagi masyarakat yang terjaring dalam operasi Tim Yustisi tidak akan diberikan sanksi sosial namun akan dikenakan denda berupa uang tunai.
“Sanksi denda terpaksa dilakukan karena hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan prokes, salah satunya tidak menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah,” terangnya.
Disebutkannya, sesuai dengan Perbub 45 tahun 2020 sanksi bagi perorangan yang melanggar prokes ini dikenai denda sebesar Rp 100 ribu atau menyediakan 5 pcs masker untuk diserahkan kepada petugas. Sementara itu bagi pelaku usaha, pengelola, penyelenggara atau penanggung jawab fasilitas umum yang tidak menerapkan protokol kesehatan dikenakan sanksi denda sebesar Rp 500 ribu.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 21 November 2020…………