Beranda Nasional Serapan Anggaran, Baru Sebatas Gaji ASN

Serapan Anggaran, Baru Sebatas Gaji ASN

183

LEBONG – Meski saat ini sudah pertengahan Mei 2021, ternyata serapan APBD Lebong tahun anggaran 2021 terbilang masih cukup minim. Bagaimana tidak, berdasarkan laporan per Februari yang lalu serapan APBD Lebong tahun 2021 baru sebesar 3,17 persen. Hal ini disampaikan Plh. Kabag Pembangunan Setdakab Lebong, Iin Setiawan, ST.
“Kalau untuk bulan Maret dan April, kita belum melakukan pendataan. Yang terealisasi sebesar 3,17 persen ini baru dari sektor gaji saja,” katanya.
Diakuinya, pertanggal 31 Maret yang lalu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong meminta laporan realisasi anggaran yang telah dilakukan. Hanya saja, pihaknya diminta untuk melakukan pendataan secara manual.
“Sebenarnya di bulan Maret sudah banyak penyerapan, cuma datanya belum ada karena menunggu Simda itu dulu baru bisa memberi data, kalau dari data februari kecil penyerapannya hanya 3,17 persen karena cuma gaji saja,” paparnya.
Selain itu, lanjutnya, realisasi penyerapan anggaran pemerintah mengalami kendala teknis dalam hal penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Awal tahun 2021 lalu, daerah dituntut untuk menggunakan SIPD, hanya saja terdapat kendala teknis dalam pelaksanannya sehingga Pemkab Lebong harus kembali ke Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).
“Ini sangat mempengaruhi realisasi penyerapan anggaran dikarenakan OPD harus menginput kembali semua rincian mata anggaran dari SIPD ke SIMDA. Tetapi pemerintah аkаn bеruрауа semаkѕіmаl mungkin agar аnggаrаn bisa tеrеаlіѕаѕі bertahap,” lanjutnya.
Ditambahkannya, beberapa kendala lain yang dihadapi tak lain adalah pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19 sesuai instruksi pemerintah pusat. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). (dap)