Beranda Nasional Sholat Idul Fitri Diperbolehkan.

Sholat Idul Fitri Diperbolehkan.

137

LEBONG – Jika sebelumnya, beberapa kegiatan yang telah dirancang Pemkab Lebong menyambut Idul Fitri 1442 H seperti takbir keliling dan open house pejabat terancam batal dilaksanakan. Namun, tidak halnya untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 H di Lebong yang diperbolehkan untuk dilaksanakan, dengan tetap memperketat protokol kesehatan di setiap masjid penyelenggara.
Kabag Kesra Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong Fabil S.Ag, M.Pd.I menjelaskan jika tentunya pemerintah kabupaten tetap mengikuti panduan sholat idul fitri yang tertuang didalam Surat Edaran dari Kementrian Agama Nomor: SE. 07 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021.
” Alhamdulillah sholat berjamaah masih diperbolehkan,” kata Fabil.
Tambah Fabil, bahwa sholat bisa saja dilaksanakan di masjid seluruh Kabupaten Lebong. Hanya saja, lanjut Fabil, pengurus masjid tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
“Sholat dilaksanakan secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas masjid dan mushala. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak dan lain sebagainya,” jelas Fabil.
Tak hanya itu, tambah Fabil, di tahun ini juga terkhusus dengan khutbah idul fitri dilakukan secara singkat.
“Dalam lampiran SE tersebut, rukun khutbah harus dilakukan paling lama 20 menit. Dan, secepatnya edaran mengenai Sholat Id akan kita layangkan ke berbagai kalangan, seperti KUA, untuk memberikan pemberitahuan ke pengurus masjid.” tukasnya.(dap).