Beranda Hukum Sudah Dilunasi, TGR Belum Disetorkan ke Kasda

Sudah Dilunasi, TGR Belum Disetorkan ke Kasda

224
Plt. Kepala BKD Erik Rosadi bersama Sekda Lebong

LEBONG – Kendatipun sebelumnya Kesbangpol Lebong telah melunasi Tuntutan Ganti Rugi (TGR) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) tahun anggaran 2016 oleh BPK RI sebesar Rp 77 juta yang diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, namun hingga saat ini pengembalian TGR ini belum disetorkan ke Kas Daerah (Kasda).
Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi, SSTP, M.Si, mengakui jika hingga kemarin pihaknya belum menerima penyetoran TGR tahun anggaran ke kasda. Meski demikian, dirinya mengaku jika sebelumnya pihkanya (BKD, red) telah diminta Kejari Lebong untuk mendampingi atau menyaksikan proses penyetoran TGR ini ke Kasda.
“Kita siap mendampingi, kapanpun pihak Kejari ingin menyetorkan TGR tersebut ke rekening kasda. Jadi kita tunggu saja konfirmasi ulang dari Kejari,” katanya.
Terpisah, Kajari Lebong Fadil Regan, SH, MH, melalui Kasi Intel, Imam Hidayat, SH, MH, mengaku jika pihaknya sudah menunggu BKD Lebong sejak Rabu (10/2) lalu agar dapat mendampingi menyaksikan pengembalian TGR tersebut ke rekening kasda. Namun, saat itu pihak BKD Lebong baru mendatangi Kejari Lebong pada Jum’at (12/2) sore ketika pihaknya sedang tidak berada di kantor.
“Kita akan panggil ulang BKD, agar dapat menyaksikan pengembalian TGR ini ke Kasda. Rencananya, pengembalian ini akan kita lakukan pada Rabu (17/2),” ujar Imam.
Sekedar mengingatkan, kerugian negara yang berhasil diselamatkan dari Kesbangpol tersebut sebesar Rp 77 juta, sementara sisanya 85 juta sudah dikembalikan oleh almarhum mantan kepala Kebangpol kepada mantan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Wuwun Mirza, SE, MT yang selanjutnya uang tersebut diserahkan kepada Gamal. (wlk)