Beranda Nasional Sudah Diresmikan, PTM Muara Aman Belum Ditempati Pedagang

Sudah Diresmikan, PTM Muara Aman Belum Ditempati Pedagang

201
Meski belum sepenuhnya rampung, namun Bupati meminta sebelum habis masa jabatan PTM ini dapat diresmikan.

LEBONG – Meskipun Pasar Tradisional Modern (PTM) eks Kios Pasar Muara Aman sudah diresmikan pada penghujung masa jabatan mantan Bupati Lebong, DR. H. Rosjonsyah, SIP, M.Si dan pedagang sudah dibolehkan untuk menempati lantai satu pada bangunan ini, sayangnya hingga kemarin belum ada satupun pedagang yang beraktivitas pada bangunan yang mejadi icon perekonomian di Kabupaten Lebong.
Plt. Kepala Dinas PUPR-Hub Lebong, Joni Prawinata, SE, MM, mengakui pasca diresmikan beberapa waktu lalu, kios yang berada pada lantai 1 bangunan ini sudah bisa ditempati oleh pedagang. Bahkan, dari data yang ada jumlah pedagang yang telah terdaftar mencapai sebanyak 85 pedagang sementara kios yang siap dihuni baru mencapai 51 unit.
“Memang secara konstruksi, bangunan ini belum selesai 100 persen. Tapi untuk lantai 1, sudah bisa ditempati dan ini sudah dibolehkan setelah diresmikan beberapa waktu lalu. Namun, sampai kini belum ada pedagang yang menempati kios tersebut, karena jumlahnya yang masih terbatas dan pedagang menolak untuk menempati kios ini karena menghindari terjadinya konflik antar sesama pedagang. Tapi untuk penempatan pedagang ini bukan ranah kami lagi, melainkan ranahnya OPD bidang perdagangan,” ungkapnya.
Disisi lain, Joni menjelaskan jika progres fisik lanjutan pembangunan PTM eks Kios Pasar Muara Aman sudah mencapai 70 persen. Dari total anggaran yang dialokasikan yakni sebesar Rp 4 miliar, lanjutan pembangunan PTM eks Kios Pasar Muara Aman diperkirakan hanya bisa dilakanakan hingga lantai 2 saja.
“Mudah-mudahan tahun anggaran berikutnya, pembangunan ini bisa selesai 100 persen jika kondisi keuangan memungkinkan,” singkatnya. (wlk)