Beranda Nasional Survey IPO Institute, Teguh-Nasirwan Unggul

Survey IPO Institute, Teguh-Nasirwan Unggul

267
Direktur Eksekutif IPO Institure merilis hasil survey elektabilitas paslon Pilkada Lebong dan hasilnya Teguh-Nasirwan mengungguli 3 paslon lainnya.

LEBONG – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebong nomor urut 4, Teguh Raharjo Eko Purwoto- Nasirwan Toha, unggul elektabilitasi (tingkat keterpilihan, red) dibandingkan 3 paslon Pilkada Lebong lainnya. Bahkan, dari hasil survey yang dilaksanakan Indonesia Publik Opinion (IPO) Institute tingkat kesukaan responden terhadap paslon ini lebih tinggi dibandingkan paslon lainnya.
Direktur Eksekutif IPO Institute, Ahmad Muhaimin, M.Si, mengatakan, survey dilakukan pihaknya dengan menggunakan metode sampling terhadap 400 responden di 12 kecamatan dalam Kabupaten Lebong. Survey ini telah digelar pihaknya sejak 11-13 November lalu.
“Dari hasil survey, paslon nomor urut 4 yakni Teguh-Nasirwan, unggul dari 3 paslon lainnya,” ungkapnya.
Menurutnya, tingkat populatitas tokoh-tokoh yang bertarung pada Pilkada Lebong ini tidak berbanding lurus dengan tingkat akseptabilitas. Namun, tingkat akseptabilitas atau disukai oleh responden yang paling menonjol dari seluruh paslon adalah pasangan Teguh-Nasirwan dengan sebanyak 73,25 responden mengenal paslon ini dan 43,75 persen menyukai pasangan ini.
Pada elektabilitas terbuka yang disurvey pihaknya, jika Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Lebong dilaksanakan hari ini ada sebanyak 22 persen responden yang memilih Teguh-Nasirwan, 12 persen responden memilih pasangan Kopli Fahrurrozi dan Armansyah-Masropen serta 10 persen respon memilih pasangan Dalhadi-Wawan.
“Sedangkan 44,25 persen belum memberikan jawaban. Tapi rata-rata swing votters ini biasanya cenderung akan terbagi ke seluruh paslon,” terangnya.
Masih dari hasil survey, beberapa faktor yang mempengaruhi pemilih dalam menentukan pilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Lebong ini, sebanyak 73 persen menyatakan berdasarkan visi misi dan program calon Bupati dan Wakil Bupati. Kemudian, faktor pemberian imbalan mencapai 13,5 persen, ajakan tokoh 6,50 persen.
“Pasangan Teguh-Nasirwan unggul di setiap segmentasi pemilih, mulai dari jenis kelamin, kesukuan terutama suku Rejang, segmentasi pendidikan pemilih maupun usia. (bye)