Beranda UTAMA Tak Ada Hujan Angin, Pohon Dadap Roboh, Timpa 2 Unit Motor...

Tak Ada Hujan Angin, Pohon Dadap Roboh, Timpa 2 Unit Motor dan Tenda Vaksin

74
Tak Ada Hujan Angin, Pohon Dadap Roboh, Timpa 2 Unit Motor dan Tenda Vaksin
Tim TRC BPBD Lebong tampak tengah mengevakuasi pohon tumbang yang berada di Lapangan Hatta.

LEBONG UTARA, radarlebong.com – Tak ada hujan, tak ada angin, sebatang pohon dadap di Lapangan Hatta yang diperkirakan berusia 20 tahun dengan tinggi kurang lebih 15 meter, siang ini sekitar jam 10.30 wib roboh. Robohnya pohon itupun lantas membuat warga sekitar heboh.

Terlebih, pohon tumbang tersebut menimpa 2 unit motor milik pedagang Pasar Malam yang tengah terparkir di dekat pohon. Selain menimpa 2 unit motor, juga merusak satu unit tenda vaksin dan mesin es krim milik pedagang.

Beruntungnya, pohon besar tersebut tak menimpa warung makan yang berada tepat di bawah pohon tersebut karena pohon tumbang tersebut mengarah ke lapangan hatta yang tengah ada tenda Pedagang Pasar Malam.

Delfi (42) Pedagang Pasar Malam yang ketika kejadian tengah berada didalam warung makan mengakui kejadian tersebut terjadi secara tiba-tiba.

” Tidak ada hujan , tidak ada angin dek. Pokoknya, tibo-tibo, pohon tu langsung roboh ajo. Dan, ada motor terparkir tertimpo pohon jugo, ” kata Delfi.

Penuturan serupa diungkapkan Pedagang Bakso Kikil, Teh Wati, yang biasa berjualan bakso kikil tepat di bawah pohon tua tersebut.

Baca Juga : Penanganan Bencana, BPBD Akui Terkendala Anggaran, Jadi Cuma Catat dan Lapor

” Entah, hari ini bawaannya malas aja jualan. Biasanya, jam segini sudah rame yang beli. Eh, nggak tau nya, ada kejadian ini. Untung, hanya meja jualan yang rusak. Termasuk tenda vaksin milik Polres yang baru 3 hari terpasang juga hancur,” tuturnya.

Sementara itu, dari pantauan radarlebong.com, tim TRC BPBD Lebong sekitar pukul 13.00 wib, tengah melakukan evakuasi pohon tumbang tersebut. Dimana, PLN melakukan pemadaman listrik selama 1 jam lantaran kabel listrik mengenai pohon.

Kepala BPBD Lebong Fakhrurrozi SSos melalui Kabid Pencegahan dan Siap Siaga Hendra Surya yang tengah berada di lokasi kejadian mengatakan, pasca mendapat laporan dari warga sekitar pukul 11.00 wib, Tim TRC langsung bergerak menuju lokasi pohon tumbang di Lapangan Hatta.

” Untuk kerugian akibat ditaksir puluhan juta rupiah, karena ada 2 unit motor milik pedagang yakni 1 unit motor CB milik pedagang mainan catur , 1 unit motor vario milik pedagang bakso, mesin es krim dan tenda vaksin tertimpa pohon,” kata Hendra.

Atas kejadian tersebut, Ia mengingatkan warga tetap lebih waspada saat beraktivitas di luar rumah. Karena seringkali adanya pohon atau dahan tumbang membahayakan warga.

” Kami akan berkoordinasi dengan pihak DLH untuk membantu membersihkan pohon ini. Sekali lagi, warga hati-hati akan potensi bencana alam dimanapun berada,” imbaunya.(rns)