Beranda Nasional Tak Ikut UAS, 2 Siswa Gagal Lulus

Tak Ikut UAS, 2 Siswa Gagal Lulus

260

LEBONG SAKTI – Berdasarkan data , ada 111 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 03 Lebong, yang telah mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dinyatakan lulus. Namun masih ada dua orang siswa yang tidak mengikuti UAS, yang secara otomatis akan menggagalkan kelulusan siswa tersebut.

Saat di konfirmasi, Kepala Sekolah SMAN 03 Lebong, Andi Chandra, MPd mengatakan bahwa kedua siswa tersebut sudah lebih dari dua bulan sebelum UAS berlangsung, sudah tidak lagi datang ke sekolah.

“Kalau secara administratif, semua murid kita lulus, untuk dua orang yang disebutkan itu, bagaimana mau diluluskan, ikut ujian saja tidak,” tegas Kepsek saat di konfirmasi di ruang kerjanya kemarin (04/5)

Dilanjutkan Andi, bahwa dirinya sudah memberikan teguran dan peringatan secara lisan kepada kedua siswanya tersebut. Namun, kata Kepsek, sampai saat UAS ingin dilakukan, dirinya tidak mendapat keterangan apapun dari kedua muridnya tersebut, seharusnya jika mereka mengikuti ujian, bisa saja pihaknya melakukan proses lebih lanjut, karena ketentuan kelulusan siswa di tengah pandemi ini, merupakan wewenang sekolah.

“Tentu kita upayakan untuk siswa kita yang sudah kelas tiga, namun sayangnya usaha kita tidak di sambut baik oleh yang bersangkutan,” bebernya

Ditambahkan Kepsek, menurut informasi yang dirinya terima, bahwa kedua siswa tersebut sudah menikah dan tentunya ada beban tersendiri bagi keduanya dalam menjalankan pendidikan, mesti ini hanya pendapat pribadi dirinya saja. Namun, Kepsek selalu membuka ruang kepada siswanya tersebut, untuk mengulangi pelajaran pada tahun pelajaran berikutnya, dan harapanya sampai pada UAS.

“Karena menurut kita, sangat disayangkan jika di zaman modern dan canggih ini, masih ada anak usia sekolah yang putus sekolah. Maka dari itu, bagi kedua siswa tersebut, kita masih membuka kesempatan jika ingin melanjutkan pendidikan, tentunya harus mengikuti prosedur yang ditentukan,” demikian Andi .(pry)