Beranda Bito Sadei Takut Jarum Suntik,Vaksin Lansia Belum Capai Target

Takut Jarum Suntik,Vaksin Lansia Belum Capai Target

191
Lansia, tengah mengantri untuk melewati post screening vaksinasi di Balai Desa Lemeu Pit.

LEBONG SAKTI – Jumlah lansia yang terdata sebagai peserta vaksinasi di Desa Lemeu Pit hingga hari kedua, kemarin (16/6) masih belum mencapai target. Tercatat, baru 57 Lansia saja dari 250 lansia yang terdata oleh Pemdes Lemeu Pit untuk divaksin.
Alasannya pun beragam, ada yang takut dengan jarum suntik. Kemudian, ada yang belum yakin dengan vaksin dan beberepa masih beranggapan bahwa vaksin belum halal.
“Itu beberapa alasan yang kita temui dari lansia, namun antusias bagi lansia lainnya bisa dibilang cukup tinggi, namun hanya saja kesibukan lansia yang kebanyakan petani di Lemeu Pit ini membuat jumlah yang menerima vaksin selama dua hari ini masih jauh dari target kita,” ungkap Kades Lemeu Pit Beni Parianto.
Selain itu, lanjutnya, dirinya sedikit kecewa bagi lansia yang tidak ingin mengikuti vaksinasi, sedangkan vaksinasi tersebut adalah salah satu langkah pemerintah untuk menanggulangi bencana pandemi ini. Sedangkan bantuan lainnya masyarakat bahkan tahan adu cekcok dengan warga lainnya terkait bantuan itu.
“Contohnya penerima bantuan covid yang kita gelontorkan tempo hari lalu, belum lagi penerima BLT, warga kita tahan ribut antar sesamanya. Mengapa tidak antusias dengan vaksin, sedangkan itu merupakan kebaikan bagi masyarakat itu sendiri, khususnya lansia,” cetus Kades Ben sapaan akrabnya.
Sementara itu, lanjutnya, pihaknya siap memfasilitasi jika ada lansia yang mengalami gejala tertentu akibat vaksin. Karena, hal tersebut juga telah di konsultasikan dengan pihak Puskesmas Limau Pit untuk penanganan lebih lanjutnya jika ada gelaja tertentu sehabis menerima vaksin.
“Sampai saat ini belum ada keluhan dari lansia, dan harapan kita seterusnya tidak ada keluhan, jikapun ada akan kita konsultasikan secepatnya dengan pihak puskemas,” demikian Ben.(pry)