Beranda Nasional Tempo Sebulan, Layanan Samsat Keliling Raup Rp 33 Juta

Tempo Sebulan, Layanan Samsat Keliling Raup Rp 33 Juta

185
Waduh, 59 Mobil PDT Banyak Nunggak Pajak
Tampak sejumlah masyarakat tengah membayar pajak kendaraan melalui pelayanan Samsat Keliling.

LEBONG – UPTD Samsat Kabupaten Lebong terus melakukan upaya untuk menekan dan mengurangi jumlah angka tunggakan pajak kendaraan roda dua maupun roda empat. Salah satunya dengan gencar melaksanakan kegiatan samsat keliling (Samling) yang sudah dijadwalkan di 3 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lebong.

Kepala UPTD Samsat Lebong Hendri Setrisan, S. Hut, melalui Kasi Penagihan dan Pembukuan pelaporan Ananto Supratno, SP mengatakan bahwa untuk kegiatan Samling yang sudah dijadwalkan di 3 Kecamatan sudah dilaksanakan terhitung sejak Febuari 2021 ini.

” Untuk realisasi capaian samling yang dilaksanakan selama tempo 1 bulan ini mencapai sebesar Rp 33 juta,” kata Ananto.

Adapun realisasi sebesar Rp 33.900.000 itu meliputi dari total 65 unit kendaraan yang membayar pajak baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang dilaksanakan di 3 Kecamatan yaitu, Kecamatan Topos, Lebong Selatan dan Amen.

“Ketiga kecamatan ini memang kita pusatkan, karena memang merupakan titik terjauh dan cukup berpotensi banyak yang akan melakaukan pembayaran pajak, ” ujarnya.

Lanjutnya, untuk kegiatan Samling sendiri akan dilaksanakan selama 11 bulan terhitung sejak Februari hingga Desember 2021 mendatang. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk memverikan pelayanan kepada masyarakat sedakat mungkin yang sekaligus mempermudah pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Kalau dilihat tingkat kesadaran masyarakat dalam taat membayar pajak menurun lantaran lemahnya faktor ekonomi masyarakat akibat penyebaran wabah Covid-19. Karena untuk total capaian samling tahun lalu realisasinya mencapai Rp 349.862.000 dari 850 unit kendaraan meliputi kendaraan 709 unit R4 141 unit, ” singkatnya. (wlk)