Beranda Nasional Terapkan PPKM Mikro, Bupati Tunggu Rakor Satgas Covid-19

Terapkan PPKM Mikro, Bupati Tunggu Rakor Satgas Covid-19

347
Bupati Lebong Kopli Ansori (foto dok/radarlebong.com)

//Bertambah 1 Kasus Baru

LEBONG – Meski belakangan ini kasus positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong mengalami penambahan, namun hingga saat ini Pemkab Lebong belum menentukan sikap apakah bakal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro. Pasalnya, Pemkab Lebong masih menunggu hasil rapat koordinasi (rakor) Satgas Covid-19 Lebong.
“Untuk sekarang kita akan mengurangi kegiatan-kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak. Tentunya hal ini akan mulai diterapkan dijajaran Pemkab Lebong lebih dulu,” kata Bupati Lebong, Kopli Ansori, kemarin (7/7).
Selain itu, lanjut Bupati, rencananya rakor Satgas Covid-19 Lebong ini baru akan digelar pada Senin (12/7) mendatang. Pada rakor ini nantinya akan diputuskan langkah-langkah strategis Satgas Covid-19 Lebong dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam Kabupaten Lebong termasuk juga nantinya akan dibahas apakah Pemkab Lebong bakal menerapkan PPKM berskala mikro atau sebaliknya.
“Dalam rapat ini nantinya juga akan dibahas mengenai klaster Dukcapil, jadi kita lihat saja langkah apa yang akan di ambil nanti,” ujarnya.
Disisi lain, menyusul terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 dalam Kabupaten Lebong belakangan ini, Bupati mengimbau kepada masyarakat serta seluruh jajaran Pemkab Lebong bersama-sama melakukan upaya pencegahan 5 M yakni menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Disamping itu, Bupati juga meminta OPD teknis untuk menerapkan gerakan 3 T yakni Testing, Tracing dan Treatmen terhadap warga yang dinyatakan positif Covid-19
“Kepatuhan terhadap prokes ini penting untuk kita semua, tidak hanya untuk masyarakat namun juga untuk kalangan pegawai. Dengan mematuhi prokes Covid-19 ini kita sudah berupaya untuk mencegah penyebaran Covid-19,” imbau Bupati.
Sementara itu, berdasarkan hasil rilis Pemprov Bengkulu tertanggal 7 Juli 2021 diketahui jika terdapat penambahan kasus positif Covid-19 baru dalam Kabupaten Lebong. 1 Kasus baru ini tercatat dengan nomor kasus 11230 berjenis kelamin perempuan dengan umur 47 tahun. (wlk)