Beranda Nasional Terima Hibah Rp 24 M, Kapolres Sebut Belum Terima NPHD

Terima Hibah Rp 24 M, Kapolres Sebut Belum Terima NPHD

189
Kapolres

//Kapolres: Hibah Ini Jadi Temuan BPK !

LEBONG – Kapolres Lebong, AKBP. Ichsan Nur, SIK, tidak menampik jika Polres Lebong telah menerima hibah bangunan dari Pemkab Lebong. Meski demikian, dirinya menegaskan jika dari 3 Kapolres Lebong sebelum dirinya menjabat, ia belum menerima Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sehingga pihaknya kesulitan untuk dimasukkan dalam daftar Barang Milik Negara (BMN) Polri.
“Dan hal ini menjadi temuan pemeriksaan oleh BPK RI serta Inspektorat. Yang sudah kita terima NPHD-nya baru lahan dan bangunan 4 Polsubsektor yang ada di Lebong senilai Rp 4,9 miliar dari Pemkab. Sehingga, kita bisa memproses pemindahan aset tersebut menjadi kepemilikan Polri,” ujar Kapolres yang dikenal dekat dengan wartawan ini kemarin.
Tidak hanya itu saja, Kapolres juga menyebutkan jika dari 3 Kapolres Lebong yang menjabat sebelum dirinya, Polres telah mendapatkan hibah bangunan dari Pemkab Lebong diantaranya gedung Satpas SIM, gedung Lantas, Gedung Reskrim, gedung SPKT dan Asrama Polres. Sementara saat dirinya menjabat sebagai Kapolres Lebong, tercatat ada 2 hibah bangunan yang diterima yakni infrastruktur jalan dan 10 unit rumah.
“Surat NPHD nya belum diserahkan kepada kami, baru sebatas penyerahan fisik saja. Hal ini membuat kami kesulitan untuk memasukkan hibah aset tersebut ke BMN untuk didaftarkan dalam aset milik Polri. Dampaknya, kami tidak bisa melakukan perawatan pada bangunan yang sudah diserahkan ini,” beber Kapolres.
Dirinya juga tidak menampik jika hibah dari Pemkab Lebong ini menjadi temuan pada pemeriksaan BPK dan Inspektorat karena hibah tersebut belum disertai dengan NPHD. Meski demikian, dirinya menilai jika hal ini hanya kesalahan administrasi saja.
“Jika ditotalkan daftar aset yang sudah dihibahkan ke Polres Lebong dari tahun 2016 sampai tahun 2020 lebih kurang sebesar Rp 24 miliar. Tapi, NPHD nya belum kami terima dari Pemkab Lebong,” tegasnya.
Usulan hibah senilai Rp 10 miliar ini, tambah Kapolres, merupakan usulan pemindahtangan aset yang sudah dibangun oleh Pemkab Lebong sebagai fasilitas penunjang pelayanan masyarakat di Polres Lebong.
“Jadi begini, usulan ini bukan usulan baru melainkan hasil pembangunan yang sudah dilakukan Pemkab di Polres Lebong dan pada usulan ini kami meminta NPHD nya atas aset yang sudah dibangun tersebut, karena NPHD nya belum diserahkan kepada saya. Sehingga kami bisa segera memproses pemindahan aset ini untuk didaftarkan dalam BMN dan menjadi aset Polri. Karena nilainya mencapai Rp 10 miliar, memang secara aturan harus ada persetujuan dari DPRD,” terangnya. (wlk)`