Beranda Nasional THLT Bertambah, Kecamatan Tak Mampu Bayar Honor

THLT Bertambah, Kecamatan Tak Mampu Bayar Honor

258
Minim Anggaran dan Pelamar THLT yang Membludak, OPD Lelet Sampaikan Usulan
Uji kompetensi penerimaan THLT

LEBONG – Penerimaan Tenaga Harian Lepas Terdaftar (THLT) yang dilaksanakan Pemkab Lebong memunculkan kekhawatiran ketidakmampuan OPD untuk membayar honor THLT yang dipekerjakan. Bagaimana tidak, jumlah THLT yang diterima ini melebihi kemampuan OPD untuk membayar honor THLT hal ini terjadi pada Kecamatan Lebong Tengah.
“Sebelumnya jumlah THLT kita hanya sebanyak 12 orang, padahal dengan jumlah itu kita masih kesulitan untuk membayar honor mereka. Namun, saat ini jumlah THLT kami saat ini sebanyak 15 orang,” ungkap Camat Lebong Tengah, Sugiarto, SH.
Tidak bertambahnya jumlah THLT yang diakomodir saja, namun honor THLT yang mesti dibayarkan ini terhitung sejak Mei 2021 lalu. Sementara, hampir 60 persen anggaran kecamatan telah di refocussing.
“Sehingga untuk membayar honor dari Mei, kami belum dapat memenuhinya. Berbeda halnya jika pembayaran honor ini diberlakukan sejak Agustus hingga Desember mungkin kami masih bisa untuk mencari upaya agar honor ini tetap dibayarkan,” lanjutnya.
Meski demikian, saat ini pihaknya masih menunggu Surat Keputusan (SK) penempatan THLT dari Pemkab Lebong. Menurutnya, SK penempatan inilah nantinya yang akan menjadi dasar bagi pihaknya untuk membayarkan honor THLT.
“Memang keberadaan THLT ini banyak membantu tugas pelayanan masyarakat yang kita lakukan, tetapi jumlah THLT tidak berimbang dengan ketersediaan anggaran yang ada. Kondisi ini tentunya menjadi beban moral bagi kami jika nanti gaji mereka tidak bisa dibayarkan karena tidak ada anggaran,” terangnya.
Ditambahkannya, saat ini THLT yang masih bekerja di Kecamatan Lebong Tengah diantaranya cleaning service, tenaga teknis oprasional, sopir, penjaga kantor, dan operator. “Jika sudah di SK-kan nanti artinya ada penambahan 9 THLT baru,” tutupnya. (pry)