Beranda Nasional Tracking, Rapid Test 11 Warga, 1 Reaktif

Tracking, Rapid Test 11 Warga, 1 Reaktif

325
Petugas medis melakukan rapid test terhadap warga yang pernah kontak dengan pasien Covid-19.

LEBONG – Menyusul adanya penambahan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Lebong yang hingga saat ini tercatat sudah ada sebanyak 6 kasus menimpa warga Kabupaten Lebong, kemarin (12/11) petugas Puskemas Muara Aman melakukan tracking pada warga yang pernah kontak erat dengan pasien ke-6 Covid-19 di Kabupaten Lebong. Hasilnya, dari 11 warga yang dilakukan rapid test, 1 orang warga dinyatakan reaktif.
Kepala Puskesmas Muara Aman, Febria Mandeka, SKM, menjelaskan tracking terhadap pasien Covid-19 nomor 6 di Kabupaten Lebong ini kemarin dilakukan pihaknya untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lebong. Al hasil, berdasarkan penyelidikan epidemiologi didapati adanya 11 warga yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien nomor 6 ini.
“Rapid test sudah kita lakukan tadi (kemarin, red). Dari 11 orang tersebut, 1 diantaranya dinyatakan reaktif. Warga yang reaktif ini telah diminta untuk melakukan isolasi mandiri, sedangkan 10 warga lainnya hasilnya non reaktif,” kata Febri.
Kendati demikian, 1 orang warga yang dinyatakan reaktif ini meski telah diminta untuk melakukan isolasi mandiri namun saat ini pihaknya masih menunggu instruksi Dinkes Lebong apakah bakal dilakukan test swab atau sebaliknya terhadap warga reaktif tersebut.
“1 warga yang reaktif ini sudah kita sampaikan ke Dinkes melalui Bidang P2P. Apakah nanti akan ditindaklanjuti dengan test swab atau tidak, kita masih menunggu petunjuk dari Dinkes,” terangnya.
Dirinya memastikan, warga yang dinyatakan reaktif ini bakal dilakukan pengawasan oleh pihaknya sehingga dapat memantau perkembangan warga tersebut selama menjalani isolasi mandiri. Pihaknya juga meminta, peran serta dari Pemdes setempat untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap warga positif Covid-19 maupun reaktif selama menjalani isolasi mandiri.(bersambung)

Baca edisi selengkapnya SKH RL 13 November 2020……….