Beranda Nasional Tunda Seleksi CASN, Pemkab Naikkan Gaji Honorer

Tunda Seleksi CASN, Pemkab Naikkan Gaji Honorer

497
Miris, 5 Bulan Honorer P3K Puskesmas Belum Gajian
THLT Dinkes. Foto Dok

LEBONG – Meskipun Pemkab Lebong telah resmi mengembalikan formasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 ke Kemenpan RB, namun disisi lain Pemkab Lebong saat ini tengah menyupayakan peningkatan kesejahteraan (gaji, red) bagi tenaga honorer atau THLT yang ada di Kabupaten Lebong khususnya bagi tenaga guru dan kesehatan.
Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pengemabangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong, Hj. Nelawati, SP, MM, melalui Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, Apedo Irman Bangsawan, SH, menjelaskan jika saat ini Pemkab Lebong tengah mengupayakan kenaikkan gaji THLT khususnya THLT tenaga guru dan kesehatan. Disebutkannya, rencana kenaikan yang disiapkan pihaknya berkisar Rp 1,5 juta.
“Meski seleksi CASN nanti tetap ditunda atau sebaliknya, namun rencana untuk meningkatkan gaji THLT ini tetap akan direalisasikan dalam tahun ini,” kata Pedo.
Kenaikan gaji ini, lanjutnya, didasarkan atas Peraturan Bupati (Perbub). Bahkan, saat ini pihaknya sudah menerima usulan kenaikan gaji dari RSUD Lebong untuk tenaga kesehatan. Sedangkan untuk pembanyaran gaji itu nantinya tergantung dengan Surat Keputusan (SK) penugasan masing-masing THLT.
“Kalau sekarang yang sudah dipastikan itu baru RSUD Lebong, sedangkan Dikbud belum diketahui apakah sudah ditindaklanjuti atau belum. Karena sampai dengan saat ini belum informasi dari OPD bersangkutan, dan seharusnya Dikbud sendiri sudah harus merancang Perbup untuk guru tersebut,” terangnya.
Pedo menjelaskan, kenaikan gaji tenaga honorer kesehatan dan pendidikan sendiri dimaksud untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Jadi ketentuan gaji THLT tenaga kesehatan dan pendidikan itu nantinya akan didasarkan pada Perbub khusus yang diajukan OPD teknis.
“Kebijakan ini sesuai dengan intruksi Bupati, Kopli Ansori, untuk meningkatkan kesejahteraan honorer lebih dulu. Kebijakan ini tidak berpengaruh terhadap dilaksanakan atau tidak dilaksanakannya seleksi CASN, karena kebijakan ini akan tetap diberlakukan,” pungkasnya. (wlk)