Beranda Nasional Uji Sampel 33 Takjil, BPOM RL Nyatakan Aman Dikonsumsi

Uji Sampel 33 Takjil, BPOM RL Nyatakan Aman Dikonsumsi

274
Petugas Badan POM Rejang Lebong melakukan pengambilan sampel makan takjil yang dijual untuk pemeriksaan dilaboratorium.

LEBONG – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)┬áRejang Lebong, kemarin (29/4) melakukan pemeriksaan 33 sampel takjil yang dijual di Kabupaten Lebong. Dari 33 sampel yang diambil dari dua lokasi pasar tersebut, BPOM RL tidak ditemukan adanya makanan yang mengandung zat kimia berbahaya dan dinyatakan aman untuk dikonsumsi.

Kepala BPOM Rejang Lebong Drs. Sasra, A.Pt, M.Si menjelaskan pemeriksaan sampel dilakukan di dua lokasi pasar di Kabupaten Lebong. Dimana, sebanyak 10 sampel takjil pertama di Pasar Kelurahan Taba Anyar. Kemudian, 23 sampel makanan yang dijual di Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.

” Sampel yang kita ambil mulai dari gorengan, mie basah hingga minuman yang dijual sebagai menu takjil. Dan, dari hasil uji semua makanan layak jual karena tak mengandung zat berbahaya,”katanya

Lanjutnya, sampel makanan yang diambil tersebut diuji kedalam 4 kategori bahan berbahaya. Mulai dari formalin, boraks dan dua jenis pewarna tekstil. Dari 33 sampel yang dilakukan uji tersebut tidak ada satupun yang mengandung zat yang berbahaya.

Dan menurutnya, ini menunjukkan jika masyarakat Lebong sudah memahami tentang bahan-bahan dalam membuat makanan. Yang mana zat bahan yang bahaya dan tidak bahaya.

“Artinya makanan ini layak untuk dikonsumsi,” singkatnya.(bye)