Beranda Nasional UN 2021 Ditiadakan, Dikbud Tunggu SE Mendikbud

UN 2021 Ditiadakan, Dikbud Tunggu SE Mendikbud

145
Kadis Dikbud Lebong tengah berkoordinasi membahas soal UN 2021.

LEBONG – Kendatipun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah menerbitkan SE Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Diseadse (Covid-19). Namun, tindaklanjut perihal SE tersebut khususnya di Pemerintah Daerah mengenai UN 2021 khususnya di Kabupaten Lebong. Sejauh ini masih menunggu turunan SE Mendikbud ke daerah.

” Kalau SE terkait peniadaan UN dan ujian kesetaraan sudah resmi kami terima, maka pembatalan ini baru bisa kami pastikan. Untuk sementara ini kamipun masih menunggu SE dari kementrian tersebut, ” terang Kepala Dinas Dikbud H. Guntur, S. Sos, M.E diruang kerjanya, Kamis ( 4/2 ).

Dijelaskan Guntur jika pelaksanaan UN ditiadakan, maka nanti kelulusan dan kenaikan siswa dapat ditentukan melalui Ujian Akhir Sekolah ( UAS ). Artinya satuan pendidikan yang memiliki kewenangan untuk menentukan kenaikan dan kelulusan siswa.

” Peserta didik bisa dikatakan lulus kalau sudah mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, ” ujar Guntur.

Lebih jauh Guntur menerangkan, selain UAS, kelulusan juga ditentukan melalui bentuk kegiatan lain yang telah ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan.

” Seperti tahun 2020 lalu, selain UAS kelulusan siswa juga ditentukan melalui evaluasi nilai rapor, sikap atau prilaku siswa dan prestasi – prestasi lain yang diperoleh siswa sebelumnya,” ungkap Guntur.

Masih menurut Guntur, kebijakan peniadaan UN ditahun 2021 ini tentunya dikarenakan penyebaran covid – 19 yang semakin meningkat disejumlah daerah, untuk itu diperlukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan bagi peserta didik.

” Peniadaan UN ini akibat penyebaran covid – 19 yang semakin meningkat, jangan sampai ada cluster baru covid – 19 khususnya di lingkungan sekolah, ” tuturnya.

Termasuk, tambahnya, untuk anggaran pelaksanaan UN ditahun 2021 ini, belanja kegiatan tersebut tidak dianggarkan dalam APBD tahun 2021.

” Anggaran UN ini juga tidak dianggarkan dalam APBD tahun 2021,” demikian Guntur. ( via )