Beranda Bito Sadei Usulan Dam Sabo Tak Kunjung Terealisasi

Usulan Dam Sabo Tak Kunjung Terealisasi

105

BINGIN KUNING – Sejak tahun 2017 lalu, pasca jebolnya Dam Sabo hingga mengakibatkan lahan pertanian gagal panen. Dan, pernah diusulkan dari tahun 2017 lalu hingga 2020 ke Pemkab Lebong.
Namun, usulan Dam Sabo tersebut tak kunjung terealisasi.
” Tiap musrenbangcam usulan pembangunan Dam adalah Prioritas kami , selain itu ada juga pelapis Air Kaet, dan jalan menuju Kantor Camat, inipun belum juga berkabar akan pembangunanya,” kata Kepala Desa Bungin Yuswan Edi.
Usulan tersebut, lanjut Edi, tidak hanya desanya yang setuju atas pembangunan. Namun 9 Desa yang ada pada kecamatan Bingin Kuning, telah mengusulkan atas pembangunan Dam Sabo, karena dengan kerapnya jebol maka dapat merusak lahan persawahan.
“Bukan kami tidak mau membangu Dam Sabo melalui DD, hanya saja DD sifatnya terbatas, sedangkan untuk pembangunan Dam Sabo butuh dana yang cukup besar. Dengan kerapnya Dam Sabo jebol, mengakibatkan 3 kecamatan yang terdampak, Yaitu Desa kita ini, Desa karang Anyar kecamatan Lebong Tengah, Dan Desa Suka Bumi Kecamatan Lebong Sakti yang terimbas akibat kerap jebolnya Dam tersebut,” Sampai Yuswan Edi. (arp)