Beranda Nasional Usulan Desa Wisata Masih Ditampung

Usulan Desa Wisata Masih Ditampung

167
Eddy Ramlan

LEBONG – Meski sudah menetapkan 27 desa sebagai desa wisata yang tertuang kedalam Surat Keputusan Bupati nomor 78 tahun 2021. Namun, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) masih menampung usulan desa wisata dari Pemdes lainnya.

Dikatakan Kepala Dinas Disparpora, Ir Eddy Ramlan, M.Si melalui Kabid Pariwisata, Maryanto, S. Pt melalui Kasi Pariwisata Hengki Firnando, S.Ip mengatakan bahwa pihaknya masih membuka pendaftaran usulan desa wisata bagi seluruh pemdes untuk mendaftkan Desanya yang memiliki potensi desa wisata.

“Sosialisasi desa wisata sudah kita gelar, tinggal saja kita tunggu desa mana saja yang ingin di ajukan sebagai desa wisata Kabupaten,” jelas Hengki.

Terlebih lagi, lanjutnya, pada bulan Oktober nanti rencananya akan digelar penilaian terhadap desa wisata dari Dinas Pariwisata Provinsi. Jadi, menurutnya, semakin banyak yang mendaftarkan desanya menjadi desa wisata, maka semakin banyak peluang kabupaten untuk memenangkan perlombaan desa wisata tersebut.

“Informasi awalnya seperti itu, namun untuk teknis pelaksanaannya kita belum dapat kabar dari Provinsi, bisa lambat ataupun di percepat proses penilaianya oleh Provinsi,” lanjutnya

Sebagai informasi, kata Hengki jika masih ada yang menyusul desanya menjadi desa wisata, maka semakin cepat juga pihaknya untuk melakukan penilaian sesuai dengan kriteria desa wisata tersebut, antaranya adalah akses jalan, akses internet, akses listrik serta yang lainnya.

“Jangan sampai nanti desa yang kita ajukan tersebut tidak memenuhi kriteria,”tukasnya.(cw1)