Beranda Nasional Vaksinasi Covid-19 Sasar Remaja 12 Tahun ke Atas

Vaksinasi Covid-19 Sasar Remaja 12 Tahun ke Atas

126
VAKSIN

LEBONG – Vaksinasi Covid-19 dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dalam Kabupaten Lebong hingga saat ini masih terus dilaksanakan Pemkab Lebong. Bahkan, setelah sebelumnya melakukan vaksin terhadap tenaga kesehatan, tenaga guru, petugas pelayanan publik, masyarakat umum dan warga lanjut usia (lansia), dipastikan jika vaksinasi ini akan dilakukan terhadap remaja usia 12 tahun ke atas.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, Rachman, SKM, M.Si, membenarkan rencana vaksinasi terhadap kalangan remaja usia 12 tahun ke atas ini. Namun, pelaksanaan vaksinasi ini baru akan dilaksanakan setelah proses vaksinasi tahap kedua yang saat ini masih dilaksanakan oleh seluruh unit kesehatan yang ada di Lebong.
Pelaksanaan vaksinasi bagi remaja ini, lanjutnya, akan dilakukan dengan cara jemput bola ke sekolah-sekolah. Namun, pada tahap awal pihaknya masih akan melakukan pendataan dan screening lebih dulu terhadap remaja yang akan dilakukan vaksinasi tersebut.
“Nanti petugas medis dari Puskesmas akan mendatangi setiap sekolah-sekolah diwilayah kerja mereka, untuk memberikan suntik vaksin bagi pelajar yang sudah berusia 12 tahun ke atas. Tapi sebelum suntik vaksin dilakukan, mereka akan di screening dulu untuk mengetahui apakah mereka bisa divaksin atau sebaliknya,” terangnya.
Disisi lain, Rachman menjelaskan untuk vaksin dosis ketiga yang digunakan adalah Vaksin Moderna yang berasal dari Amerika. Dan vaksin jenis ini, sesuai dengan ketentuan belum bisa digunakan terhadap anak usia di bawah 18 tahun.
“Tapi sampai saat ini kita masih menunggu petunjuk teknis untuk pelaksanaan vaksin bagi remaja ini,”
Sementara itu, sesuai hasil rekapitulasi vaksinasi Covid-19 di Lebong hingga 16 Agustus 2021, tercatat sudah sebanyak 15.697 jiwa atau 21,55 persen penduduk yang telah dilakukan vaksin. Rinciannya, 10.103 jiwa suntik dosis pertama dan 5.594 jiwa suntik dosis kedua. Sedangkan total target vaksinasi sebanyak 72.818 jiwa yang meliputi 8.266 jiwa lansia, 9.768 jiwa pelayanan publik, 53.300 jiwa masyarakat umum, dan 1.484 jiwa nakes.
“Kalau capaian vaksinasi kita sudah menyentuh angka 15.697 jiwa atau 21,55 persen, dari total target 72.818 jiwa,” demikian Rachman. (wlk)