Beranda Nasional Vaksinasi Lansia, Ketersediaan Vaksin Terbatas

Vaksinasi Lansia, Ketersediaan Vaksin Terbatas

137
Stop BAB Sembarangan, Berikut Target 20 Desa Sadar Jamban
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, M.Si

LEBONG – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lebong masih akan terus berlanjut, dengan sasaran warga lanjut usia (lansia). Hanya saja, saat ini ketersediaan stok vaksin Covid-19 yang akan diperuntukan bagi lansia ini jumlahnya terbatas dan masih menunggu penambahan dari pemerintah pusat.
Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM, mengatakan jumlah vaksin yang diterima pada tahap kedua sebanyak 90 vial atau 900 dosis. Diakuinya, jumlah ini masih kurang apalagi dari target vaksinasi sebanyak 450 orang ini sudah termasuk lansia sedangkan dosis vaksin yang tersisa tinggal 80 dosis lagi.
“Kita masih kekurangan vaksin dengan sasaran lansia karena stok yang tersisa hanya 80 dosis lagi, sedangkan masih ada juga ASN atau pelayanan publik yang terdaftar masih banyak yang belum di vaksin,” kata Rachman.
Disebutkannya, sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Lebong mencapai 2.900 orang dan sebanyak 1.300 orang yang sudah terdaftar dalam aplikasi smart checking. Diakuinya, jika masih banyak target yang belum terdaftar.
“Kalau data yang sudah diinput dan sudah masuk kedalam aplikasi smart checking sekitar 1.300 orang,” katanya.
Mengingat masih banyak jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan, Rachman menunturkan jika pihaknya sudah mengajukan penambahan vaksin ke pemerintah pusat agar seluruh sasaran vaksinasi tahap kedua bisa dilakukan penyuntikan vaksin.
“Saat ini kita masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat apakah ini disetujui atau tidak, karena biasanya alokasi dari pemerintah pusat ini berdasarkan jumlah pasien Covid-19,” pungkasnya. (wlk)