Beranda Bito Sadei Verval, Penerima BLT Kampung Dalam Bertambah 8 KK

Verval, Penerima BLT Kampung Dalam Bertambah 8 KK

135
Pemerintah desa Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara melaksanakan musyawarah desa dalam penetapan calon penerima BLT DD tahun 2021.

LEBONG UTARA – Kemarin, (17/2) Pemerintah Desa (Pemdes) Kampung Dalam Kecamatan Lebong Utara menggelar kegiatan musyawarah desa terkait verifikasi dan validasi (verval) data calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Pjs. Kades Andika Ruslianda menjelaskan untuk jumlah penerima BLT DD tahun 2020 sebelumnya sebanyak 17 Kepala Keluarga (KK), yang mana dari hasil musdes yang dilaksanakan hari ini (kemarin,red) terdapat ada usulan penambahan sebanyak 8 KK. Maka dari itu perlu dilakukan verval ulang guna untuk mengetahui apakah merteka yang diusulkan layak menerima bantuan pemerintah atau tidak, sebelum ditetapkan sebagai penerima BLT tahun 2021.

“Untuk penerima BLT sebelumnya terdaftar sebanyak 17 KK, namun saat ini ada penambahan usulan 8 KK. Sebab, sesuai petunjuk Kementerian Desa (Kemendes) pemerintah dersa wajib melakukan verval terhadap data warga miskin, termasuk juga melakukan verval ulang penerima BLT tahun sebelumnya,” katanya.

Andika menambahkan untuk 8 KK usulan penambahan penerima BLT DD tetap akan ditampung oleh pihaknya, meski demikian akan tetap dilihat dari jumlah anggaran DD yang akan diterima tahun ini. Sementara untuk sasaran yang KPM yang berhak mendapatkan bantuan adalah rumah tangga miskin dan belum pernah menerima bansos lain seperti bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan bantuan Kartu Prakerja.

“Pada intinya, KPM penerima BLT DD tidak boleh menerima bantuan lain, maka dari itu untuk penambahan 8 KK tersebut akan dilakukan verval untuk mengetahui apakah mereka layak menerima bantuan atau tidak,” tukasnya. (bye)