Beranda Nasional Vicon Bersama Presiden, Pemkab Siapkan Rumah Isolasi Covid-19

Vicon Bersama Presiden, Pemkab Siapkan Rumah Isolasi Covid-19

193
Bupati dan Wabub saat mengikuti rapat vicon bersama Presiden Jokowi terkait penanganan Covid-19 di ruang LCC.

LEBONG – Dalam rapat yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo, melalui video conference (vicon) di ruang Lebong Command Center (LCC) yang diikuti Bupati, Kopli Ansori dan Wabup, Drs. Fahrurrozi, M.Pd, pada Senin (19/7) lalu terkait dengan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemkab Lebong berencana untuk menyiapkan rumah isolasi mandiri untuk pasien bergejala ringan. Rumah isolasi ini direncanakan akan disiapkan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.
“Rencananya kita akan siapkan rumah isolasi bagi warga dengan gejalan ringan dan ini akan disiapkan hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Jika tidak memungkinkan hingga ke tingkat desa dan kelurahan, minimal bisa dilaksanakan secara terpuast di tingkat kecamatan khususnya pada wilayah yang padat penduduk. Dan ini harus ada,” ujar Bupati, Kopli Ansori.
Bupati juga mengaku jika saat ini penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 dalam Kabupaten Lebong terus diupayakan pihaknya mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Dan dalam Provinsi Bengkulu tercatat Kabupaten Lebong merupakan paling rendah kasus Covid-19 dengan total sebanyak 254 kasus.
“Kita selalu berupaya mengikuti instruksi pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19 ini. Sehingga, upaya ini harus dilaksanakan seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat umum,” terangnya.
Bahkan, sesuai dengan keputusan Satgas Covid-19 hari ini mulai diberlakukan swab ditempat pada 2 posko Covid-19 yang didirikan pada perbatasan Lebong-Rejang Lebong dan Lebong-Bengkulu Utara. Hanya saja, terkait dengan beberapa kegiatan masyarakat yang bisa memicu terjadinya kerumunan hingga saat ini masih dalam kajian pihaknya.
“Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga harus ada peran aktif semua pihaknya termasuk juga masyarakat dengan mematuhi prokes Covid-19 seperti yang dianjurkan oleh pemerintah,” tandasnya. (dap)