Beranda Nasional Wabup Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Secara Virtual

Wabup Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Secara Virtual

105
Wakil BUpati BU didampingi Kalakhar BPBD BU rapat secara virtual bersama Presiden RI.

BENGKULU UTARA – Dibuka secara resmi oleh Bapak Presiden RI Ir Joko Widodo Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata SE MAp, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 secara virtual, yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tema Tangguh Hadapi Bencana, di Ruang Sekdakab BU, Rabu (3/3). Turut hadir Kepala Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kab. BU Burman SH MH, beserta jajaran, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) BU Sasman SP.
“Rakor kali ini diselenggarakan dalam rangka penguatan koordinasi dan sinergitas, penyelenggaraan penanggulangan bencana di Indonesia,” ucap Presiden RI Bapak Ir. Joko widodo dalam pidato sambutannya langsung dari Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur.
Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Keselamatan Rakyat adalah Hukum tertinggi. Oleh karena itu dalam mengahadapi bencana semua jajaran yang terlibat harus bekerja dengan aktif dan inovatif serta bekerjasama dengan semua pihak terkait. Beliau juga berterima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran BPBD di seluruh Indonesia yang telah mendedikasikan waktunya untuk menangani bencana di Indonesia.
“Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan terhadap bencana di dunia, setidaknya dalam setahun sebanyak 3.253 bencana terjadi di indonesia. Ucapan Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran BPBD yang telah mendedikasikan waktunya untuk menangani bencana, ini menjadi momentum untuk memperkuat sinergitas penyelenggaraan penanggulangan bencana di Indonesia,” Jelasnya.
Menanggapi sambutan Presiden RI, Wabup Arie Septia Adinata SE MAp menyampaikan, bahwa saat ini dalam menghadapi bencana Alam dan Bencana Non Alam, seperti yang telah disampaikan presiden, agar masing-masing pemerintah daerah membangun kolaborasi dan sinergisitas bersama jajaran Forkopimda, dan juga masyarakat untuk menghadapi bencana ini. Kesiapan pemerintah daerah, yang harus siap siaga dan peka dalam menghadapi bencana.
“Kepada BPBD lakukan apel gabungan bersama jajaran, dan selalu memastikan kesiapan menghadapi bencana di Bengkulu Utara. Kepada masyarakat harap berhati-hati, terhadap curah hujan yang tinggi, dan untuk selalu peka terhadap bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” pungkasnya. (aer)