Beranda Tubei Wajib e-KTP Lebong, ASN dan THLT Rame-Rame Pindah Adminduk

Wajib e-KTP Lebong, ASN dan THLT Rame-Rame Pindah Adminduk

53
Wajib e-KTP Lebong, ASN dan THLT Rame-Rame Pindah Adminduk
Permohonan perubahan dokumen pendudukan di Dukcapil Lebong kemarin.

LEBONG, radarlebong.com – Menyusul edaran Bupati Lebong, Kopli Ansori, yang meminta agar ASN dan THLT wajib memiliki e-KTP Kabupaten Lebong. Kemarin, pelayanan perubahan adminduk menjadi warga Kabupaten Lebong di Dinas Dukcapil Lebong, kemarin (9/6) membludak.

Plt. Kepala Dukcapil Lebong, H. Taufik Andari, M.Pd, menjelaskan perubahan adminduk ini sebenarnya sudah lama diinstruksikan oleh pemerintah pusat melalui UU nomor 24 tahun 2013 tentang Perubahan atas UU nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Namun, hal ini baru berjalan setelah terbitnya edaran Bupati Lebong, Kopli Ansori.

“Jadi mereka (THLT dan ASN, red) yang selama ini masih domisili luar Lebong, sekarang wajib untuk melakukan perubahan menjadi warga Lebong,” kata Taufik.

Beberapa syarat untuk melakukan perubahan data kependudukan ini, tambahnya, Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dari daerah asal serta dokumen fisik KTP-el yang bersangkutan sebelumnya.

Baca Juga : Dukcapil Buka Layanan Adminduk Door to Door dan Call Center

“Permohohonan yang diajukan tidak langsung ditindaklanjuti, karena akan kembali dilaporkan ke Dukcapil asal tempat bersangkutan. Jika sudah dilapor barulah Dukcapil Lebong akan langsung mencetak KTP-el baru yang berdomisili Lebong,” tambahnya.

Dirinya mengimbau bagi ASN dan THLT Pemkab Lebong yang belum melakukan perubahan adminduk ini, untuk segera mendatangi kantor Dukcapil Lebong. Agar proses perubahan adminduk dapat segera dilaksanakan sesuai edaran Bupati.

“Tadi (kemarin, red) sudah ada sekitar 10 berkas yang diajukan ASN. Beberapa diantaranya berasal dari Kota Bengkulu, Kepahiang, Rejang Lebong, Lubuk Linggau, Seluma, Palembang, hingga Padang,” sampainya.

Sementara itu, salah satu ASN Pemkab Lebong yang enggan menyebut namanya saat dikonfirmasi kemarin mengaku bahwa perubahan dokumen kependudukan tersebut dilakukan sesuai surat edaran Bupati Lebong yang disampaikan melalui intansi tempatnya bertugas. Meski tidak secara detail menyebut alasan merubah data adminduk tersebut, namun dirinya mengaku jika perubahan ini sebahai upaya meningkatkan Dana Alokasi Umum (DAU) Pemkab Lebong.

“Sesuai perintah Om, karena bukan asli penduduk Lebong makanya kita merubah alamat domisi,” tutupnya. (wlk)